Mohon tunggu...
Abdul Muklis
Abdul Muklis Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bermain sepak bola, menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pertanyaan Pemantik - Eksplorasi Konsep Modul 3.2

18 Februari 2024   16:23 Diperbarui: 18 Februari 2024   16:29 1885
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

  1. Faktor Biotik dan Abiotik dalam Ekosistem Sekolah:
    • Faktor Biotik melibatkan unsur-unsur makhluk hidup di sekolah, seperti:
      • Murid
      • Guru
      • Kepala Sekolah
      • Staf/Tenaga Kependidikan
      • Pengawas Sekolah
      • Orang Tua
      • Masyarakat sekitar sekolah
      • Dinas terkait
      • Komite sekolah
    • Faktor Abiotik melibatkan unsur-unsur benda mati di sekolah, seperti:
      • Sarana dan prasarana (termasuk gedung sekolah)
      • Keuangan
  2. Peran Kepala Sekolah dalam Mengelola Ekosistem Sekolah:
    • Kepala sekolah harus memastikan:
      • Kebutuhan guru terkait proses pembelajaran tersedia dan memadai.
      • Sarana prasarana dan fasilitas lengkap.
      • Peningkatan kompetensi guru menjadi perhatian serius.
  3. Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Kepala Sekolah:
    • Berakhlak mulia
    • Integritas kepribadian sebagai pemimpin
    • Kemampuan mengelola dan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien
  4. Mengelola Sumber Daya Sekolah:
    • Kepala sekolah harus memastikan sumber daya manusia, keuangan, sarana prasarana, dan infrastruktur terkelola dengan baik.
  5. Dampak Fasilitas Sekolah pada Pembelajaran Murid:
    • Fasilitas yang memadai berdampak positif pada kualitas pembelajaran.
    • Fasilitas yang kurang memadai dapat menghambat proses pembelajaran.
  6. Pemanfaatan Sumber Daya Sekolah:
    • Evaluasi sejauh mana sumber daya digunakan secara efektif untuk mendukung pembelajaran.
    • Fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran.
  7. Alternatif Maksimalkan Sumber Daya:
    • Kolaborasi dengan masyarakat dan pihak terkait.
    • Kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya yang ada.
  8. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar:
    • Sekolah sebaiknya memanfaatkan lingkungan sekitar, misalnya melibatkan komunitas lokal atau memanfaatkan alam sekitar untuk pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun