Jurnal Refleksi Dwi Mingguan
Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam kenal saya Abdul Muklis, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SDN Sindangsari 04 Kabupaten Bekasi.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.2 CGP, yaitu tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Tulisan/jurnal refleksi ini ditulis secara rutin setiap dua mingguan pada setiap modul yang berlangsung.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).
Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Â
1. Facts (Peristiwa)
Pada tanggal 1 September 2023 saya mulai mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Saya mempelajari modul 1.2 dengan alur MERDEKA, yakni:
a. Mulai dari Diri
Saya mulai mempelajari modul 1.2. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk membuat trapesium usia dan saya juga melakukan refleksi dengan menjelaskan isi dari trapesium usia yang sudah saya buat. Selain itu, saya juga memaparkan tentang peran saya sebagai guru penggerak.
b. Eksplorasi Konsep
Di bagian eksplorasi konsep, saya mempelajari topik utama, yakni Nilai Kemanusiaan: Kebajikan Universal yang terdiri atas 3 subtopik materi, yakni: 1) Bagaimana Manusia Tergerak, 2) Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan 3) Bagaimana Menggerakkan Manusia: menuntun Kekuatan Kodrat Manusia. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan forum diskusi tentang nilai dan kegiatan penerapan peran Guru Penggerak di sekolah.
c. Ruang Kolaborasi
Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh bapak Dida Firgiawan selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Kamis, 7 September 2022 pukul 15.30 - 17.45 WIB. Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Jumat, 8 September 2023 pukul 15.30- 17.45 WIB.
d. Demonstrasi Kontekstual
Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tugas untuk menggambarkan diri saya sebagai guru penggerak di masa depan atau ketika sudah menjadi guru penggerak selama tiga tahun. Adapun kegiatan ini terdokumentasikan pada kanal youtube Â
e. Elaborasi Pemahaman
Â
Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Google meet pada hari Rabu, 13 September 2023 pukul 13.00 - 14.30 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi pemahaman kali ini adalah bapak Surya Herdiansyah, SH., MH.
Â
f. Koneksi Antar Materi
Â
Pada kegiatan ini adalah pengaitan antarmateri yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1. dan modul 1.2. Tugas di bagian ini adalah membuat refleksi dengan model 4C. Adapun kegiatan ini terdokumentasikan pada kanal youtube Â
g. Aksi Nyata
Â
Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 1.2 yang sudah di pelajari dan saya terapkan secara nyata di sekolah.
Â
Selain melakukan kegiatan sesuai alur M-E-R-D-E-K-A, pada hari Selasa, 12 September 2023 saya juga melaksanakan pendampingan Individu (PI) bersama pengajar praktik kelompok saya, yakni bapak Ali Achmadi. Dalam PI, pak Ali menggali pemahaman saya tentang materi yang ada di LMS, harapan atau kekahwatiran menjadi guru penggerak, aksi nyata, dan portofolio digital.
Â
2. Feelings (Perasaan)
Â
Setelah mempelajari modul 1.2 dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, saya memahami bagaimana nilai dan peran guru penggerak. Selama mempelajari modul tersebut, saya merasakan perasaan yang tertantang, senang, dan semangat. Saya merasa sangat tertantang dengan melihat waktu pengerjaan dan pengiriman tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah. Saya merasa senang karena dapat berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk berdiskusi membuat presentasi yang memberikan dampak positif dan mempermudah saya dalam memahami Modul 1.2. Saya semangat karena dapat mempelajari tentang nilai dan peran guru penggerak yang mencerahkan dan menginspirasi saya dalam mempraktikannya pada kegiatan pembelajaran di sekolah.
Â
3. Findings (Pembelajaran)
Â
Selama dua minggu mempelajari Modul 1.2, banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Yang pertama saya mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia (thinking fast dan thinking slow). Yang kedua saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup.Â
Kemudian, mempelajari materi tentang nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak di antaranya adalah berpihak kepada siswa, mandiri, kolaboratif, reflektif, dan inovatif. Sementara itu, peran guru penggerak adalah sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan siswa, dan menggerakkan komunitas praktisi.
Â
4. Future (Penerapan)
Â
Setelah mempelajari dan memahami nilai dan peran guru penggerak di modul 1.2, saya akan menguatkan nilai-nilai guru penggerak yang saya miliki untuk mendukung peran saya sebagai guru penggerak dan saya akan terus berusaha menerapkan beberapa hal berikut: 1) Merancang dan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid, dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, serta memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. 2) Saya secara mandiri akan terus menjadi guru pembelajar yang akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi diri.Â
3) Terus melakukan refleksi diri baik sebagai individu maupun dalam proses pembelajaran yang nantinya dapat dijadikan sebagai proses perbaikan. 4) Bekerjasama dengan kepala sekolah, rekan sejawat, orang tua murid dan pemangku kebijakan untuk mencapai tujuan dan untuk mengembangkan proses pembelajaran yang lebih baik. 5) Berkreasi dan terus melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Â
Demikian refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Â
Salam Guru Penggerak!
Â
Tergerak, Bergerak, Menggerakkan
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H