JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Assalamualaikum, saya Abdullah Salam Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Jepara. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua mingguan mengikuti kegiatan Pendidikan CGP yang kedepannya akan ditulis secara rutin selama dua mingguan sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.
Fact (Peristiwa)
Modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak positif pada murid adalah modul penutup yang harus dipelajari dalam Pendidikan Guru Penggerak Ini. Sama halnya dengan modul-modul sebelumnya, Modul 3.3 di mulia dengan alur MERDEKA yaitu Mulai dari diri. Pada tahap Mulai dari diri, CGP disuguhkan dengan dua pertanyaan pemantik yaitu apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dan kaitannya dengan student agency.
Modul ini memberikan gambaran awal kepemilikan murid akan sebuah program pendidikan di sekolah. Kemudian di dalam eksplorasi konsep, saya mempelajari tentang bagaimana menyusun program yang berdampak pada murid, bagaimana cara menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan 3 aspek yang dimiliki murid seperti suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan(ownership).Â
Selanjutnya materi tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid, serta pentingnya keterlibatan komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Dalam forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa peserta CGP diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang program/kegiatan yang telah dilakukan di sekolah mereka yang berdampak pada murid dan kemudian CGP lain memberikan umpan balik.
Perasaan (Feeling)
Saya merasa senang dapat mempelajari modul ini. Saya merasa tidak hanya sebatas pemimpin pmbelajaran namun seperti bertindak pemimpin lembaga. Namun saya pula merasa sedih karena akan segera berpisah pada program ini guru penggerak ini. Walaupun begitu merasa bersemangat menyelesaikan tugas di modul akhir ini.Â
Saya merasa bersyukur masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk sampai di titik ini, yaitu sampai pada modul 3.3 dan telah mempelajari materinya di eksplorasi konsep dilanjut dengan melaksanakan Ruang kolaborasi sesi diskusi. Dengan adanya PGP ini, saya akan berusaha untuk mengimplementasikan setiap ilmu yang saya dapatkan di sekolah tempat saya mengajar. Apalagi apa yang akan saya lakukan bersama rekan guru lainnya dapat berdampak positif bagi murid di sekolah.