Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memicu sentimen negatif terhadap berbagai lini bisnis, khususnya bisnis UMKM. Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menghambat pertumbuhan bisnis UMKM.
Untuk itu diperlukan strategi bertahan, salah satunya dengan pemasaran digital. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai institusi pendidikan tinggi berkomitmen membantu UMKM di masa pandemi Covid-19 melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis teknologi informasi(IT).
KKN Reguler IT UMY kelompok 138 yang diketuai oleh Fahmi mempunyai program untuk meningkatkan branding dan marketing bagi kedua mitra UMKM kerajinan, yaitu UMKM Alfin Anyaman di Nglatiyan II, Kulon Progo dan UMKM Minni's Gallery di Kasongan, Bantul.
"Kegiatan KKN IT kelompok 138 adalah memberdayakan UMKM terpilih dengan memberikan pendampingan berupa rebranding dan marketing produk yang mereka punya," kata Fahmi, Kamis (4/2).
Pelaksanaan program KKN kelompok 138 juga didampingi oleh Rita Kusumawati, M.Si, dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
Pemasaran digital dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial dan menerjunkan produk-produk mitra ke e-commerce. Untuk itu, kelompok 138 memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM, termasuk menyerahkan perlengkapan untuk keperluan foto produk sehingga UMKM dapat tetap berdaya, maju, serta mandiri di masa pandemi Covid-19.
Kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut diawali dengan melakukan observasi dan diskusi bersama dengan mitra untuk menggali permasalahan yang dihadapi dan kemudian mencari solusi bersama menetapkan program KKN untuk dilakukan mulai 16 Januari-15 Februari 2021.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H