Dengan pertumbuhan pesat industri e-commerce sekarang kita dapat melakukan penelitian mendalam menggunakan pendekatan jurnalisme data untuk menyelidiki tren konsumen dan dinamika pasar Analisis ini bertujuan memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana
Dunia media digital berubah dengan kecepatan yang fenomenal. Teknologi yang terus berkembang dan cara orang menggunakannya telah mengubah tidak hanya bagaimana mengakses informasi, tetapi bagaimana berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain dalam skala global. Hal tersebut juga mengubah cara kita memilih dan membeli produk dan layanan.
evolusi digital berimbas pada pola hidup seseorang dalam mengemban tugasnya sebagai seorang konsumen. Dahulu orang membeli baju harus pergi ke toko memilah dan memilih baju mana yang harus dibeli, mencoba, dan kemudian membeli. Namun saat ini orang dimudahkan dengan cara pembelian secara online. Orang tidak harus pergi ke toko baju untuk memilih-milih baju, tetapi cukup dengan memesan lewat online kemudian beberapa saat pesanan akan dikirim. Perilaku konsumen saat ini dengan yang dulu sudah mengalami perubahan
Pada akhirnya dapat dirangkum bahwa dampak evolusi digital terhadap perilaku konsumen, yaitu konsumen memiliki kekuatan yang lebih besar dari sebelumnya, konsumen memiliki akses informasi yang lebih cepat dan luas, pertukaran antara marketer dan pelanggan meningkatkan interaksi langsung antara kedua belah pihak, beraneka ragam pilihan konsumen yang mudah diakses, dan siklus perilaku pembelian yang sangat cepat berubah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H