abdul jamil
abdul jamil Mohon Tunggu... Mahasiswa - selalu belajar

Tukang Ketik

Setelah 42 Tahun, Baru Bisa ke Kotabaru (Bagian 1)

15 Februari 2022   21:56 Diperbarui: 15 Februari 2022   22:20 204
Pantai Angsana salah satu tempt wisata terbaik di Tanbu/Dokpri

Musim libur, adalah sebuah momen dimana para pekerja formal sangat antusias untuk mendapatkannya. Adanya momen liburan biasanya digunakan untuk bersantai, berkumpul dan party bersama keluarga, seolah-olah rasa penat, tekanan kerja selama satu tahun ingin ditumpahkan pada momen liburan. Maka tidak mengherankan jika momen liburan/cuti adalah sebuah momen yang diidamkan oleh semua para pekerja baik pekerja formal maupun non formal.

Begitu juga, kami sekeluarga yang merantau  di Kalimantan Tengah, juga sangat antusias dan berharap bisa bertemu dengan momen liburan atau mengambil cuti tahunan untuk dipergunakan ngumpul bareng dan liburan bersama keluarga. terlebih pandemi yang belum berakhir membuat kami dua kali hari raya tidak bisa pulang kampung. sehingga rasa kangen, perasaan ingin berkumpul dan berlibur bersama menjadi sangat kuat.

Dalam berwisata, ada banyak persiapan yang harus dilakukan, baik itu dalam menentukan lokasi, penginapan, perkiraan biaya dan kegiatan yang akan dilakukan saat berlibur. Persiapan tersebut memberikan kemudahan dan kelancaran saat bepergian wisata bersama keluarga. Sebab nantinya para wisatawan tidak  lagi kebingungan di tengah jalan, dikarenakan semua rencana, tujuan bajed semua sudah direncanakan dan ditata rapi.

Namun, beda dengan keluarga kami, yang jika pergi wisata lebih pada yang penting keluar rumah dulu, Tujuan atau destinasi wisata menyesuaikan dengan mood dan hasil googling saat berada di lokasi wisata. Menerut kami wisata demikian lebih seru dan freksibel. sebab akan banyak hal-hal tak terduga, debat dg istri atau keluarga lainnya untuk  mencari kata sepakat. Pernah di tahun 2020 akhir, saya bersama istri mengambil cuti  kerja dan dipergunakan untuk berwisata jalan-jalan bersama tanpa tau alamat wisata dan jenis wisata yang dituju, semua dijalankan sesuai dengan mood dan kondisi dilapangan. Dan kami merasakan semuanya baik-baik saja walau terkadang harus bersabar untuk mendapatkan informasi atau lokasi yang ingin di tuju, atau bahkan hanya rebahan/mager saja di kamar hotel sambil maianan HP.

Tahun 2020, setelah mendapat restu ijin cuti dari pimpinan, Pertama yang kami lakukan adalah kembali ke kampung halaman di Plehari, yaitu sebuah kota kecil ibu kota dari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Sebuah kapupaten yang banyak memiliki lokasi wisata berupa pantai, air terjun, pegunungan yang indah dan alami. Namun untuk tahun tersebut kami memutuskan pergi wisata dengan target akhir yang dituju adalah Kabupaten Kotabaru, sebuah Kabupaten yang berada paling ujung di Provinsi Kalimantan Selatan.

Nah, yang menarik dari arah kota Plehari menuju Kotabaru kita akan banyak disuguhi pemandangan hutan sawit, pohon karet, dan berliuk-liuknya jalan menuju ke kotabaru tersebut, kita juga akan melewati beberapa wisata pantai dan religi saat perjalanan menuju ke kotabaru. diantaranya ada Pantai Angsana sebuah destinasi wisata yang baru dan cukup bagus, ada juga Pantai "Turky", Pantai Angsana juga Pagatan, dimana di Pantai Pagatan terdapat sebuah Makam waliyullah yaitu  Syaikh Mufti Muhammad Arsyad yang berada di Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Jadi kami berangkat pagi dari Plehari menuju ke Pantai Wisata Angsana, lokasinhya masih satu arah menuju ke Kotabaru, siang sampai di Pantai Angsana, kami  liat-liat pantai, berjalan bergandenga tangan dengan istri dan menikmati hembusan angin yang segar, sehingga beban kerja dan kuliah berasa hilang saat itu, tak lupa kami juga berfoto di beberapa tempat yang bagus. puas di Pantai Angsana perjalanan lanjut menuju ke Arah Kotabaru karena finis tour wisata kami adalah Kotabaru dengan tempat wisata siringnya yang bagus dan pemandangan gunungnya yang begitu indah.

Sekitar pukul 13.00 an WITA kami melanjutkan perjalanan kembali ke arah kotabaru dengan tujuan wisatanya adalah Pantai Angsana, ini adalah satu destinasi wisata yang paling bagus menurut saya, sebab selain pasir pinggir pantai yang luas, putih dan bersih ombaknya tidak begitu besar  begitu juga airnya sangat jernih. fasilitas di wisata ini cukup lengkap ada hotel yang menyediakan kolam renang, wisma atau semacam Gues House juga adanya sewa perahu karet untuk kegiatan snorkeling.

Sampai di Pantai kedua dalam Tour wisata tahun 2020, adalah Pantai Angsana. Kami langsung parkit mobil di tepi Pantai keluarkan perbekalan, rebus air panas untuk kopi dan beberapa cemilan. disini memang "surganya" lokasi wisata terbaik di Tanah  Bumbu ini sebab sangat begitu bagus dan indah pemandangannya. Karena tidak memungkinkan untuk lanjut perjalanan kami memutuskan untuk bermalam satu malam di Pantai Angsana, dan besoknya akan melanjutkan perjalanan ke Kotabaru. (bersambung)