Saat ada pameran UMKM beberapa saat yang lalu saya menyempatkan untuk hadir langsung. Saya begitu takjub dengan geliat para UMKM dari berbagai daerah yang sedang mempromosikan hasil karyanya. Terlihat beberapa kerajinan dari masing-masing daerah diperlihatkan. Dukungan bisa kita berikan dengan membeli langsung karya mereka, lalu saya berpikir bagaimana kalau mereka mempromosikannya melalui beberapa platform digital yang tersedia. Memang untuk bisa memasarkan secara digital paling tidak mereka harus punya kemampuan agar produknya sampai ke pembeli.
Dengan digitalisasi UMKM tentunya pelaku usaha memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas, bahkan bisa sampai ke pelosok negeri. Dukungan dari berbagai pihak diperlukan agar para UMKM mampu memperluas pasarnya.Â
Sekedar info saja, UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia yang mampu menyerah 97 persen tenaga kerja di Indonesia. Itu berarti daya serap tenaga kerja  begitu besar ketika UMKM dapat terus berkembang, untuk itu BRI terus mendukung UMKM dengan telah menyalurkan kredit  yang sudah mencapai Rp. 1.111,5 Triliun per September 2022, dimana sebanyak Rp. 935 Triliun diantaranya disalurkan kepada UMKM.
Saat ini saja sedang digelar pameran UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022, ini sebagai bentuk komitmen BRI untuk mendorong UMKM agar bisa bersaing di pasar internasional dan juga agar terus bisa menyerap tenaga kerja yang lebih besar. Ada ratusan UMKM terpilih hadir di pameran ini, dimana UMKM pilihan yang siap memperlihatkan kualitas, keunikan dan kisah history dibalik produknya.
Agar UMKM mampu memasarkan produknya lebih meluas memang ada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya yang sering menghambat untuk go digital yaitu terbatasnya kemampuan dan pengetahuan akan memanfaatkan teknologi itu sendiri. Termasuk juga strategi yang harus dijalankan agar optimal produknya sampai ke pembeli, jadi bukan hanya dilihat saja oleh calon pembeli namun benar-benar dibeli produknya.
Semoga dengan dukungan langsung oleh BRI setidaknya beberapa kendala yang dialami oleh UMKM dapat teratasi dan mampu untuk terus berkembang. Ajang BRI UMKM BRILianpreneur pada perayaan HUT127BRI bukti nyata komitmen BRI untuk mendampingi UMKM Â yang berpotensi dapat terus berkembang.Â
Bisa dikatakan bahwa BRI Pahlawan Finansial karena begitu besar andilnya dalam membantu UMKM agar bisa naik kelas.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI