Mohon tunggu...
Abdul Rohim
Abdul Rohim Mohon Tunggu... -

alumni smks alhikam

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Akibat Tidak Tau Bahasa

25 September 2014   04:39 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:37 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pertama saya akan berbagi pengalamansetengah pahit dalam perjalanan saya dari awal masuk kuliah yaitu : lebih tepatnya di Untag surbaya. Awalnya simpel-simpel ajasih. saya gak pernah menyangka low saya akan kuliah dan saya bisa menginjakkan kaki di tanah atau kota yang kata temen-temen saya kota surabaya adalah kota yang WOW..............!!!!!!!!! tapi saya tidak percaya itu.Oke, berbicara tentang penglaman pertama masuk kuliyah banyak banget hal lucu, malu, dan bingung karna jujur bro saya nol banget dalam ngomong bahasa jawa makanya , sumpah saya bingung banget ,dan pertama kali dapet tugas kelompok ni,,,,, ya!!!!! semuakan rata orang surabaya dan omongannya jawa semua, ketika semua pada musyawarah kan udh pada serius tuh, hampir selesaikan? Embaknya nanyak” gimana mas ngerti ” karna saya merasa cowok saya langsung jawab aja dengan singkat dan padat “ tidak ”tapi yang aneh lagi saya disangka orang jawaloh, padahal saya asli madura tulin. Gak tawu apa mungkin karena mukanya terlalu jellek atau terlalu ganteng, tapi yang jelas terlalu gantenglah kaliya,,,,,,,,,,,,,,,,(bukan lebay tapi fitnah) soalx banyak orang bilang saya katanya mirip banget sama artis yang namanya DUDE HERLINOtapi buat yang baca ini perlu digaris bawahi kalau yang bilang itu sudah pasti tidak waras haha............ tapi walaupun saya hidup penuh kekurangan, sebentar bro sebelum kalian semua membaca ini saya perjelas kata-kata kekuranganitu dimana bukan berarti saya gak punya hidung, iya****!!! atau saya gak punya ketek atau sebagainya, sebenarnya hidup saya itu paling sempurna lengkap jelek ada, goblok ada, tolol ada. Kampungan ada pokoknya lengkapdeh tapi yang kurang itu Cuma satu yaitu ganteng hehe. Itu yang saya gak punya semenjak lahir sampai sekarang . maka dari itu saya yakin dengan seyakin yakinnya dengan kuliyah di Untaq ini pasti bisa ngerubah saya mudah – mudahan ini terkabul ya***!!! Amin...........!!!!!! dari saya tolol jadi pinter dari saya jelek jadi ganteng. Tapi ada satu hal yang tidak pernah saya lepas dalam hidup saya bro dan kata – kata ini adalah kata – kata yang menurut saya sangat penting dan sangat dalam dan sangat melekat dalam kehidupan apalagi bagi maba kayak saya ini dan sebenarnya boleh buat semua kalangan baik bagi dosen, mahasiswa pokoknya semuanya deh. Dan inilah kata – katanya “ hidup adalah serangkaian masalah “ jadi kalau kita simpulkan kapan kita semua pernah bebas dari yang namanya masalah tidak akan pernah bro, kita tidak akan pernah bebas dari masalah kalau kita terus lari dari masalah kecuali kalau kita hadapin dan cari solusinya itu baru kita bisa bebas bro, dan selama kita mencari solusi masalah yang berat dan kita sudah berusaha untuk mencarinya tapi masih belum dapat ada lagi bro kata – kata yang penting dan perlu di ingat yaitu : “ ujian bukanlah hambatan tapi batu loncatanuntuk menuju kesuksesan ”beneran bro saya gak pernahlupa kata – kata ini karna motifasi itu penting bro, penting banget.

kuliah memang sering sekali di kait-kaitkan dengan sesuatu yang mewah dikampung saya, karna maklumlah didesa saya jarang ada yang kuliah.
padahal kuliah di tempat saya itu terbilang masih murah. dengan semua fasilitas yg saya gunakan seperti ini.
memang 'tempatnya orang yang berpikiran maju dan nasionalis' itu lah julukan tempat kuliah saya.
kawaan saya masih semester 1 tapi klu menceritakan tentang apa yg saya dapat. bisa buat tangan nie kriting ntar hehehee(lebay yaa..) soal dari tadi itu saya sudh cerita apa yang saya alami.
btw cerita ini saat tadi di kampus dan menurut saya bisa membuat perut nie kocakk

langsung saja ya,,,,,,

pertama teman saya kan anak madura dan dia jugak nol banget dalam bhs jawa dan kejadiyannya di kantin ketika mo makan.

Temen saya : buk nasi satu (dengan wajah yg sok cool)

Ibu kantin: gak onok dek (sambil tersenyum )

Teman saya : gak papa buk biyar ikan manuk (burung bhs,indonesianya)

15 menit kemudian

#smsan

Saya: Bro dimana ?????

Temen saya: dikantin bro lagi nungguin pesanan makanan (jawab dengan tegas)

Saya: ok,, saya tunggu depan kelas ya bro

Teman saya: siiiip

30 menit kemudian

Sayakan nunggu ni**** “ mana,,,,,,, lagi itu orang saya udh hampir 30 menit nunggu kok gak dateng2 ya” ( emosi )

#telpon

Saya: halo bro kemana adja saya sudah nunggu kamu lebih dari setangah jam nikamu makan nasi apa makan bangkunya bro (emosi cemas)

Temen saya: iya bro sory soalnya dari tadi aku lom dikasih jugak pessenanku

Saya: emang buk kantinnya ngomong gimana ??

Temen saya : ngomongnya ikan manuk (burung) katanya bro, tapi saya tungguin dari tadi sampai sekrang gak dikasih

Saya : iya ngomongnya bu.kantinnya itu ngomong gimana???? (kecewa)

Temen saya : ngomongnya gini bro gak onok dek

Saya : terus kamu tungguin sampai sekrang (kessel)

Temen saya : iya bro(jawab dengan polos)

Saya : goblok, (sangat marah)gak onok itu bro artinya gak ada masyaallah............!!!!!

Iya begitulah gara gak ngerti bahasa jawa temen saya nungguin makanan setengah jam lebih tapi yg di tunggu malah gak ada.

Dan cerita ini tidak ditulis namanya karna untuk kebaikan bersama dan hiburan semata

Dikutip : abdul rohim

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun