Mohon tunggu...
Abdul Karim
Abdul Karim Mohon Tunggu... -

Abdul Karim adalah seorang makhluk tuhan yang tertarik dengan matematika,kesibukan sehari-hari mengajar matematika di sekolah menengah dan mengajar matematika di beberapa Perguruan Tinggi swasta di Banten. Selain itu, Abdul Karim juga masih aktif mengurusi MGMP Matematika SMP Kabupaten Lebak Wilayah Bina I, Banten dan saat ini menjabat sebagai ketua.\r\n

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Kalau Belum Diklat di P4TK Matematika Belum Afdol

20 Agustus 2014   22:36 Diperbarui: 18 Juni 2015   03:02 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kamis tanggal 1 April 2010 saya memperoleh SK pengangkatan CPNS dan ditempatkan di daerah terpencil, tepatnya di SMPN Satu Atap 4 Panggarangan Kabupaten Lebak. Yang namanya sekolah satu atap dan di daerah terpencil tentu segala fasilitas yang ada di sekolah seadanya. Jangankan bebicara idealnya sebuah sekolah, untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) saja harus kerja keras dan penuh pengorbanan.

Untuk sampai ke sekolah tempat saya bertugas dari kota kecamatan saat itu harus meronggoh kocek lumayan dalam yakni Rp. 100.000,- itu pun kalau musim kemarau, jika musim hujan bisa Rp. 150ribu hingga Rp. 200ribu karena medan yang harus di tempuh melewati bukit dan lembah yang jalanannya masih tanah dan berlumpur. Kondisi saat itu membuat saya banyak belajar tentang arti kehidupan dan banyak merenung ternyata kondisi Indonesia masih ada yang seperti itu padahal masih di pulau jawa.

Hari-hari ku lewati dengan penuh perjuangan, walau saya sadar sudah banyak ketinggalan informasi dan kemajuan tentang isu-isu terkini karena di sekolah tempat kami bertugas sinyal untuk sekedar kirim SMS saja harus mencari-cari dulu ke lokasi yang ada sinyal dan listrik pun lebih sering matinya ketimbang nyalanya. Hasrat untuk kembali menimba ilmu melalui berbagai forum seperti seminar, workshop, diklat dan lain-lain semakin tak terbendung sehingga membuat saya memutuskan untuk mutasi ke sekolah yang memungkinkan saya bisa meningkatkan kompetensi sebagai tuntutan permenpan RB nomor 16 tahun 2009.

Dengan tujuan selalu meningkatkan kompetensi saya sebagai pendidik saya terus berusaha untuk tidak ketinggalan mengikuti berbagai kegiatan wokshop, diklat (termasuk diklat online), dan kegiatan lainnya. Alhamdullilah dalam rentang waktu 2012 s.d 2014 sudah banyak kegiatan diklat yang saya ikuti. Salah satu diklat yang membuat saya selalu termotivasi untuk mengikutinya adalah diklat yang diselenggarakan oleh P4TK Matematika dan Seameo Qitep. Karena semua diklat yang saya pernah ikuti di kedua institusi tersebut betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan tututan guru masa kini. Bahkan sahabat saya pernah bilang, kalau Guru matematika belum pernah ikut diklat di P4TK Matematika rasanya belum afdol... Beberapa diklat dan Workshop yang pernah saya ikuti dari kedua institusi tersebut adalah: Diklat online sebanyak 3 kali, Wokshop Penelitian Tindakan Kelas, Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Joyful Learning in Matehematics.

Saya merasa senang karena saat ini diberi kesempatan lagi untuk menimba ilmu di P4TK Matematika meskipun dilakukan disela-sela kesibukan yang luar biasa.

Selamat mengikuti diklat sahabat-sahabat semua...semangat untuk kita semua

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun