Mohon tunggu...
Harvindra Abdi Tama
Harvindra Abdi Tama Mohon Tunggu... -

Menulis untuk merubah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Event Sejarah yang Berbudaya!

17 Februari 2012   02:32 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:33 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa ya kira-kira event yang harus ada di ancol ? ini adalah sebuah tantangan bagi saya untuk berfikir dan memunculkan kreativitas mengenai sebuah bentuk hiburan baru yang harus ada di ancol, memang memikirkannya tidak gampang dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun, setelah menghayati mengenai sarana hiburan yang sudah ada di ancol, saya mencoba untuk memberi sebuah masukan yaitu sebuah bentuk permainan edukatif , loh bukannya itu hal biasa dan lagi pula siapa sih yang mau menghabiskan waktu liburan mereka dengan materi-materi sekolahan ? nah disitulah letak tantangannya. Bentuk permainan fun game yang menghadirkan sebuah aktivitas fisik dan teori dari ilmu pengetahuan seharusnya dapat digabungkan.

Bila mau dilihat dari sudut padang pengusaha, memang untuk mengawinkan dua ide yang memiliki kencederungan bertentangan adalah sulit, untuk itu saya mencoba untuk menyajikan sebuah ide yang memang sudah umum di kalangan para penggiat dunia pendidikan. Idenya untuk menyuguhkan sebuah bentuk baru dari pembelajaran yang diminati oleh kebanyakan anak,remaja dan tentu orang dewasa. Hal ini tentu dapat menghilangkan stigma negatif mengenai belajar yang bagi kebanyakan orang khusunya anak-anak dianggap sebagai suatu aktivias yang membosankan, tidak menantangan dan tidak menarik.

sumber

Terdapat banyak disiplin ilmu pengetahuan, diantaranya : mate-matika, fisika, kimia, biologi, dan Bahasa indonesia. Diantara banyaknya materi tersebut saya memilih sejarah dan budaya ! Loh kok ? Bukannya banyak anak-anak yang membenci kedua jenis pelajaran itu? Ya kedua pelajaran tersebut menjadi momok bagi kebanyakan orang. Kebanyakan orang menganggap pembelajaran tersebut tidak memiliki dampak langsung bagi kehidupan mereka dimasa kini. Belum lagi sifatnya yang melibatkan hafalan secara kontekstual.

Namun sebenar kedua cabang pengetahuan ini memberikan dampak yang sangat besar bagi diri kita. Pertama, sejarah, ya dengan mengetahui peristiwa masa lalu kita dapat melihat kejayaan masa lalu bangsa kita dan berusaha bangkit dan tidak mengulangi lagi kesalahan yang menyebabkan bangsa ini terpuruk. Lalu bagaimana dengan ilmu budaya ? jawabanya sudah pasti, agar kita mengetahui kekayaan dan keberagaman khasanah pemikiran dan tata cara hidup dari berbagai macam suku beserta adat istiadat yang mereka gunakan ? menarik bukan ? Jadi, tidak ada alasan lagi dong untuk menghindar ?

Permasalahan selanjutnya adalah bagaimana menjadikannya menarik ?

13294457471007880493
13294457471007880493

sumber

Jawabannya tentu dengan mengawinkankan ancol dan dunia pendidikan, sebuah sarana hiburan yang bernuansas budaya dan sejarah indonesia dapat kita wujudkan, peristiwa sejarah yang saya sarankan adalah perjuangan rakyat indonesia untuk lepas dari cengkraman penjajah! Didasarkan dengan peristiwa tersebut, kita dapat membangun sebuah permainan untuk anak-anak. Dimana permainan tersebut dikemasi dalam bentuk permainan baku tembak dengan menggunakan senjata mainan yang tentu saja dilengkapi dengan proteksi keamanan yang memadai. Sarana permainan ini memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk dapat menikmati sebuah simulasi peperangan melawan musuh dengan menggunakan tampilan panorama masa perjuangan.

penerapan ilmu sejarahnya gimana ?

Dengan memberikan berbagai macam simulasi dengan nuansa peperangan yang didasarkan dengan peristiwa nyata yang terjadi di masa perjuangan. Pemberian sinopsis singkat mengenai sejarah singkat peperangan tersebut. Selain itu, alur peperangan juga harus dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan cita-cita para perjuangan. Hal ini akan memberikan sebuah pemahaman mengenai alasan para pejuang untuk mengangkat senjata mengusir pihak kolonial .

Lalu bagaimana dengan pembelajaran dibidang budaya ?

1329445842186164208
1329445842186164208

sumber

Dalam disiplin ilmu inipun kita dapat menyulapnya menjadi sebuah permainan yang menarik. Ya dengan membuat sebuah wahana budaya. Didalamnya dibangun berbagai macam rumah adat beserta dengan perkakas unik dari masing-masing suku.tidak lupa dengan melibatkan pegawai baru yang bertugas untuk memberikan informasi mengenai keunikan suku bangsa dan mengajak anak-anak untuk ikut memainkan permainan tradisional dari setiap suku di Indonesia. Dengan bentuk permainan ini maka diharapakan akan dapat memberikan sebuah pengalaman unik yang tak terlupakan bagi anak-anak. Disisi lain permainan ini juga mengajarkan kepada mereka agar mengetahui budaya bangsanya dan ikut dimasa mendapatan ikut serta dalam upaya untuk melestarikannya.

Wah sungguh merarik bukan ? bentuk-bentuk permainan tersebut memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri bagi generasi muda kita. Efek lainnya tentu dapat menambah wawasan baru yang sangat beharga bagi mereka dimasa depanya ? wah bagi para orang tua tentunya akan sangat senang dan bangga jika dapat melihat anak mereka bahagia dalam “belajar”?


jadi, ayo kita wujudkan permainan bagi anak yang mencerdaskan !

https://twitter.com/#!/abdi_tama/status/170335440233168896 http://www.facebook.com/tama.abdi/posts/255637171181901

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun