Datangnya usaha pendatang baru membuat persaingan bisnis semakin ketat. Produk berkualitas dengan kreatifitas yang tinggi semakin beragam. Peta kompetisi bisnis tak terelakkan terjadi. Untuk itu pelaku usaha perlu terus mengamati bagaimana karakteristik dari konsumennya dan menciptakan inovasi supaya produk selalu dilirik oleh konsumen.
Warna memainkan peran utama dalam pemasaran produk. Hal ini dikarenakan warna memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku pembelian konsumen. Tanpa disadari, warna adalah alat pemasaran yang kuat dan secara signifikan mempengaruhi pembelian konsumen, sedemikian rupa sehingga menyumbang 85% dari alasan mengapa seseorang memutuskan untuk membeli produk (Hemphill, 1996).
Pemasar harus memahami psikologi warna agar dapat menggunakannya secara efektif. Psikologi warna adalah studi tentang rona sebagai penentu perilaku manusia. Warna mempengaruhi persepsi yang tidak jelas, seperti rasa makanan. Warna juga dapat meningkatkan efektivitas plasebo.Â
Warna memang bisa mempengaruhi seseorang; namun, penting untuk diingat bahwa efek ini berbeda di antara orang satu dengan lainnya.Â
Faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, dan budaya dapat mempengaruhi bagaimana seseorang mempersepsikan warna.
Psikologi warna juga banyak digunakan dalam pemasaran dan branding. Banyak pemasar melihat warna sebagai bagian penting dari pemasaran karena warna dapat digunakan untuk mempengaruhi emosi dan persepsi konsumen terhadap barang dan jasa.Â
Perusahaan juga menggunakan warna ketika memutuskan logo merek. Logo-logo ini tampaknya menarik lebih banyak pelanggan ketika warna logo merek sesuai dengan kepribadian barang atau jasa, seperti warna merah yang banyak digunakan pada merek makanan cepat saji.
Sebuah produk termasuk kemasan dan grafik/citra visual dapat dirancang dengan baik, namun memiliki palet warna yang tidak bernyawa atau hiasan dapat berkontribusi pada kurangnya antusiasme konsumen terhadap produk. Hal Ini juga berlaku untuk desain produk dan kemasan atau gambar grafis/visual, yang mungkin memiliki kombinasi warna yang menarik, tetapi dirancang dengan buruk dalam hal bentuk, ergonomi, atau fungsionalitas.Â
Penggunaan warna yang tepat dapat dengan mudah membujuk konsumen untuk tertarik pada produk meskipun desainnya buruk. Sangat penting dalam desain untuk menggabungkan bentuk, fungsi, estetika, dan harmoni warna dalam satu produk.Â
Akankah konsumen ingin membeli desain yang dipikirkan dengan buruk berdasarkan kombinasi warna yang menarik? Akankah konsumen mengabaikan atau menolak grafis atau produk yang dirancang dengan baik berdasarkan kombinasi warna yang buruk?