Partai Gerindra merupakan partai yang dimiliki oleh Prabowo Subianto sekaligus menjadi ketua umumnya dan merupakan salah satu partai besar yang lolos dalam pemilu 2024. Partai Gerindra juga mempunyai bacapres yang juga calonnya sendiri merupakan ketua umum partainya sendiri yaitu Prabowo Subianto dengan pasangan capresnya sendiri yaitu Ghibran Rakhabuming Raka yang diusung oleh Partai Golkar dalam konstentasi pemilu 2024. Partai Gerindra melakukan kampanye politiknya melalui banyak media yang tentu saja lewat media yang tidak dilarang atau menyalahkan aturan dari ketentuan kampanyenya.
Media sosial media Tik Tok merupakan salah satu media yang digunakan oleh Partai Gerindra dalam mengkampanyekan partainya sekaligus capres/cawapres sampai calegnya. Tik Tok digunakan Partai Gerindra untuk menarik simpati dari dari masyarakat dengan memakai berbagai macam postingan yang tentunya itu sangat menarik dan juga berkualitas. Tik Tok dinilai sangat efisien untuk digunakan sejumlah partai untuk mempromosikan partainnya, bukan hanya Partai Gerindra saja. Hal ini disebabkan karena media sosial terutama Tik Tok ini dapat menghemat pembiayaan kampanye dan juga yang sekarang mayoritas masyarakat sudan dapat mengaksesnya dengan mudah.
Seiring dengan perkembangannya, aplikasi Tiktok tidak hanya memberikan hiburan, namun juga sebagai media edukasi seperti digunakannya aplikasi Tiktok sebagai media kampanye untuk kesehatan (Suryani, Zulfikri, & Muhariani, 2021). Dipilihnya penggunaan Tik Tok sebagai media kampanye tentu saja karena beberapa sebab untuk metargetkan siapa yang akan menjadi sasaran kampanyenya. Kalangan masyarakat yang sekarang mayoritas merupakan Gen-z merupakan sasaran utama dalam kampanye Partai Gerindra pada pemilu 2024. Seperti yang dikatakan oleh Hutauruk, Michael Andrew Christoper , Didiek Tranggono pada artikelnya yaitu Gen-Z sebagai mayoritas pengguna aplikasi tiktok dapat dengan mudah terpaparkan oleh promosi politik yang dilakukan melalui tiktok.Â
Pesan utama dalam kampanye Partai Gerindra melalui TikTok adalah untuk efektif berkomunikasi dengan beragam orang dan memperoleh dukungan bagi partai. Dengan menggunakan media sosial seperti TikTok, Partai Gerindra dapat menargetkan demografi dan komunitas yang berbeda, seperti kaum muda di perkotaan atau komunitas pedesaan, serta menangkap kekhawatiran dan aspirasi khusus yang mereka miliki. Melalui kampanye partai ini, ada kesempatan untuk menyajikan platform yang lebih interaktif dan menarik bagi pendukung, dengan secara aktif mendengarkan masukan dan terlibat dalam percakapan. Selain itu, media sosial memfasilitasi pembaruan secara real-time dan penyebaran informasi secara instan, yang menjadi kunci penting dalam kampanye pemilihanÂ
Kesuksesan Partai Gerindra dalam kampanye melalui media sosial Tik Tok dapat dilihat diakun Tik Tok Partai Gerindra @partaigerindra yang mana di akun tersebut mempunyai lebih dari 1 juta followers dan 25 juta like. Partai Gerindra juga bisa dibilang sukses mengait para gen-z dari postingan akun tersebut. Bukti lain kesuksesan kampanye lewat sosial media dari partai gerindra dimana partai gerindra juga mengalami kenaikan jumlah suara sehingga menjadi salah satu partai yang lolos parlemen dan memiliki jumlah suara terbanyak. Disisi lain partai gerindra juga memenangkan pemilu 2024 yaitu kemenangan Prabowo-Gibran yang menjadi presiden terpilih 2024.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H