Mohon tunggu...
abdi masyarakat
abdi masyarakat Mohon Tunggu... -

pengamat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

2013, Sumsel Tetap Fokus Kesehatan dan Pendidikan Gratis

2 Januari 2013   01:35 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:39 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


PALEMBANG - Program sekolah gratis dan berobat gratis yang diluncurkan oleh Ir. H. Alex Noerdin sejak awal menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan tahun 2008, dan terbukti berhasil akan tetap menjadi perhatian bahkan akan ditingkatkan di tahun 2013.

Ini diungkapkan Gubernur Sumsel, Ir. H. Alex Noerdin pada acara kilas balik/outlook 2012 dihadapan insan pers baik media cetak maupun eletronik di Griya Agung, Palembang.

Dalam paparannya, Ir. H. Alex Noerdin yang didampingi Sekda Sumsel, Yusri Effendi beserta Kepala SKPD di lingkungan Pemprov. Sumsel, bahwa pada tahun 2013 nanti kualitas program  sekolah dan berobat gratis akan ditingkatkan.

"Untuk sekolah gratis, peningkatan yang akan dilakukan misalnya, tambahan buku pelajaran, seragam sekolah, pemberian beasiswa untuk meningkatkan kualitas guru seperti melanjutkan pelajarannya di luar negeri atau mengambil  S2 dan S3 dan seterusnya," jelas Alex.

Dibidang kesehatan, lanjut Alex, Sumsel di tahun 2013 ini akan mengenalkan jaminan sosial bagi rakyat yang akan dilaksanakan di tahun 2014, artinya di tahun 2014 nanti biaya untuk kesehatan bagi rakyat diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Sumsel dengan dana APBN, tetapi sebagian dari rakyat yang berpenghasilan itu akan dipotong hasilnya sekian persen guna membiayainya.

"Peningkatan fasilitas kesehatan itu sendiri misalnya dengan membangun Puskesmas rawat inap di setiap kecamatan, menambah fasilitas alat-alat kesehatan untuk setiap Puskesmas, pembangunan rumah sakit baru dan lain-lain," ungkapnya seraya menambahkan di tahun 2013, akan mulai pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah milik Pemerintah Provinsi Sumsel yang bertaraf Internasional dengan pelayanan yang tetap gratis.

Menurut Alex, program berobat gratis dan pendidikan gratis sudah dilakukan di Sumsel sejak tahun 2008, sebelum ada rencana pemerintah Pusat terhadap kedua program tersebut.

"Prestasi pemprov Sumsel ini bisa ditulis supaya semua tahu, kita sudah mulai sekolah gratis dan berobat gratis di tahun 2008," tegas Alex.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dr Hj Fenty Aprina, M,Kes, mengungkapkan untuk pelaksanaan berobat gratis, Provinsi Sumsel merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia ini yang paling siap untuk menjalankan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) tahun 2014.

“Jadi Provinsi Sumsel ini lah yang pertama paling siap untuk melaksanakan BPJS, karena seluruh fasilitas pelayanan kesehatan mulai dari Puskesmas dan jaringan lainnya, Rumah Sakit Kelas B, C dan A sudah siap. Dan sudah menjadi jejaring program berobat gratis di Sumsel, jadi kita saat ini tinggal melanjutkan saja,” ungkapnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun