Indonesia termasuk negara yang luas dengan berbagai macam suku, budaya, etnik, ras, dan agama. Dari Sabang sampai Merauke pastinya ada sesuatu yang berbeda dan menarik di setiap daerah. Hal ini yang seharusnya membuat Indonesia sangat indah. Penuh dengan ‘warna’. Namun tak lepas dari realitas yang ada, Indonesia mengalami berbagai macam masalah. Salah satu diantaranya adalah konflik antar ras. Mengapa hal ini terjadi? Perbedaan yang seharusnya membuat Indonesia sangat indah itulah yang justru memecah belah negara kita tercinta ini. Bagian barat dan bagian timur Indonesia saja sudah sangat berbeda. Misalnya di Indonesia bagian timur, Papua berinteraksi dengan hubungan antara suku dengan suku lainnya sehingga ada yang menjadi kepala suku. Di Indonesia bagian barat, Sumatera Barat berinteraksi dengan matrineal (mengatur keturunan dari pihak ibu), dan suku Batak berinteraksi dengan patrineal (mengatur keturunan dari pihak bapak).
Menurut Ketua Komnas HAM, Ifdal Kasim, pemicu konflik ada empat yaitu :
1.Ketimpangan ekonomi
Pastinya dalam struktur masyarakat terdapat kecemburuan sosial. Antara itu dari segi materi yang dimiliki, ataupun tingkat keberhasilan sesorang. Namun hal itu melanggar hak asasi manusia apabila kecemburuan sosial tersebut disertai dengan tindakan anarkis. Contohnya dapat dilihat dari kasus konflik kecemburuan pribumi terhadap orang keturunan Tiong Hua. Orang Tiong Hua dianggap sebagai pendatang, namun mereka terlihat lebih sukses. Sebenarnya hal ini mendapat pengaruh historis dimana pada struktur sosial yang diatur oleh kolonialisme Belanda hierarki keturunan Tiong Hua lebih tinggi derajatnya dibanding pribumi. Rasa kecemburuan ini mengalami puncaknya pada saat kejadian tahun 1998. Banyak toko yang dijarah dan dibakar, orang keturunan dibunuh, wanita-wanitanya diperkosa dsb.
2.Agama
Ada 6 agama resmi yang diakui oleh pemerintah Indonesia yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu. Namun dalam pelaksanaannya, ada ormas-oramas yang melakukan tindakan radikal. Mereka memiliki fanatisme dalam agama yang mereka anut sehingga agama lain di mata mereka salah. Misalnya Front Pembela Islam (FPI). Mereka mengatasnamakan agama Islam untuk melakukan aksi anarkis terhadap kaum minoritas.Contohnya ada aksi yang terjadi di Ciketing dan pembakaran rumah yatim piatu milik yayasan Ahmadiyah. Namun seperti yang kita semua ketahui, tidak ada satupun agama di dunia ini yang mengajarkan kepada umatnya untuk berlaku jahat. Kasus lain adalah konflik lintas agama yang terjadi di Poso, Sulawesi Tengah. Kerusuhan ini dibagi menjadi tiga bagian . Kerusuhan Poso I (25-29 Desember 1998), Poso II (17-21 April 2000), dan Poso III (16 Mei-15 Juni 2000). Hal ini melibatkan kelompok Muslim dan Kristen.
3.Superioritas etnik
Stigmatisasi merupakan hal yang erat kaitannya dengan konflik antar ras. Sudah ada anggapan negatif terlebih dulu. Contohnya adalah peristiwa sampit yang terjadi di Kalimantan antara suku Dayak dengan suku Madura. Etnosentisme juga merupakan hal yang memicu konflik. Dimana satu suku menganggap bahwa sukunya/rasnya yang paling hebat.
4.Kebijakan yang muncul dari pemerintah
Kadangkala pemerintah mengeluarkan kebijakan yang hanya menguntungkan satu kelompok saja. Contohnya adalah undang-undang penodaan agama. Undang-undang ini menimbulkan banyak pertentangan karena ada pasal-pasal karet. Artinya bisa diinterpretasikan kemana-mana terutama yang menguntungkan penganut agama manapun yang sedang berkuasa. Akibatnya kelompok-kelompok minoritas bisa dikenai pasal tuduhan penodaan agama seperti yang terjadi pada Ahmadiyah.
Dengan berbagai macam pemicu konflik yang ada, pemerintah mengupayakan beberapa cara untuk mengatasi konflik tersebut, yaitu :
1.Efektifitas hukum
Law Enforcement di Indonesia sendiri saat ini masih merupakan sebuah Quo Vadis. Banyak petinggi negara yang terbuai dengan materi dan kekayaan sehingga mereka melupakan tugas mereka sebagai representatif masyarakat dan akhirnya ikut serta dalam korupsi. Polisi yang posisinya pada hakekatnya adalah netral, banyak juga yang mengambil sikap untuk berpihak pada satu kubu. Mereka melihat suatu kejadian dari sisi subjektif dan bukan objektif. Hal ini dapat dilihat pada saat kejadian anarkis yang terjadi pada saat jamaah Ahmadiyah sedang melakukan pertemuan tahunan. Mobil yang dipakai untuk memimpin massa justru mobil polisi. Efektifitas hukum juga dipengaruhi oleh presiden. Sayangnya presiden kurang tegas dalam mengambil keputusan.
2.Program hidup secara rukun
Pemerintah mengadakan seminar dan diskusi agar masyarakat Indonesia mendapat wawasan baru agar bisa hidup secara rukun. Diskusi yang saya lihat sedang gencar dilkukan oleh pemerintah adalah diskusi lintas agama.
3.Mengurangi ketimpangan sosial
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H