Pada masa pandemi salah satu alternatif pembelajaran yang paling banyak dilaaksanakan guru adalah pembelajaran jarak jauh secara online; dalam jaringan. Kondisi ini menuntut guru untuk menguasai teknologi yang mendukung pembelajaran.
Selain teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran juga dibutuhkan teknologi untuk mendukung penilaian pembelajaran. Teknologi pembelajaran yang mendukung penilaian tersedia di internet. Guru perlu mengenal teknologi yang mendukung penilaian agar dapat mermanfaatkannya. Teknologi yang dimaksud menjadikan penilaian lebih menyenangkan, efisien dan efektif. Â Kahoot dan Quizizz merupakan 2 Â (dua) platform yang dapat digunakan guru untuk penilaian hasil belajar siswa.
1. Kahoot
Kahoot merupakan salah satu aplikasi berbasis online yang laris pada masa pandemic. Sebelum pandemic aplikasi ini sudah cukup sering digunakan sebagai media pembelajaran interaktif dalam tatap muka. Berbasis kuis dan permainan merupakan ciri dari aplikasi kahoot.
Pemanfaatan Kahoot dalam pembelajaran dapat digunakan dalam tes awal (pre-test), tes akhir (post-test), memberikan latihan soal, penguatan materi dengan memberikan soal, soal remedial, soal pengayaan dan sebagainya.
Selain itu, dengan kahoot dapat juga digunakan untuk membuat kuis saat akan jeda pembelajaran atau pergantian mata pelajaran. Aplikasi inipun dapat digunakan untuk melakukan survei. Â Anda dapat membuat kuis, diskusi ataupun survey, yang dapat diakses oleh siswa dalam berbagai perangkat. Kuis, materi soal, survey dapat diakses oleh siswa dari perangkat telepon genggam, laptop, ataupun personal computer
Aplikasi kahoot akan memberikan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan penilaian, termasuk untuk mengetahui hasil belajar siswa.
2. Quizizz
Aplikasi Quizizz adalah aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran.  Quizizz dapat digunakan membuat pertanyaan pilihan ganda dengan 4 (empat) pilihan jawaban dengan salah satu pilihan adalah jawaban dari pertanyaan tersebut, pertanyaan terbuka, atau lainnya. Apabila guru membuat pertanyaan yang membutuhkan gambar, table, grafik dan sebagainyanya pada aplikasi ini memungkinkan untuk itu.  Setelah pertanyaan sudah disusun, dan sudah siap, maka pertanyan dapat didistribusikan kepada siswa dengan menginfokan menggunakan 6 (enam)  kode angka  yang muncul secara otomatis saat pertanyaan akan dibagikan kepada siswa.
Demikian perkenalan untuk dua platform yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran terutama dalam penilaian siswa. Semoga bermanfaat!