Koneksi Antar Modul 3.3
Pengelolaan Program yang Berdampak pada MuridÂ
Oleh : Encang Zaenal Muarif
CGP Angkatan 11 Kota Banjar
1. Koneksi Modul 1.1 dengan Modul 3.3Â
Modul 1.1 mempelajari tentang filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara yang salah satunya menelaah tujuan pendidikan yaitu, "menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat".
Hal ini jelas erat sekali kaitannnya dengan modul 3.3 tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid. Dengan mendengar suara dari murid, menghargai pilihan murid serta menciptakan rasa kepemilikan pada murid, menjadi ciri bahwa guru menghargai murid sebagai manusia merdeka. Â
2. Koneksi Modul 1.2 dengan Modul 3.3Â
Isi dari modul 1.2 adalah tentang nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Sedangkan peran guru penggerak adalah menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, menjalin kolaborasi antar guru serta mewujudkan kepemimpinan murid. Â Seluruh nilai dan peran guru penggerak tersebut erat sekali kaitannya dengan pengelolaan program di sekolah. Dalam menjalankan nilai dan perannya, seorang guru penggerak harus mampu merancang program yang berkesan dan bermanfaat untuk murid.
3. Koneksi Modul 1.3 dengan Modul 3.3Â