Judul : Briliant Entrepreneur Muhammad saw Penulis : Bambang Trim Penerbit : Salamadani Tebal : 144+xiii Harga : 48.000,- MUHAMMAD shallallahu 'alaihi wa alihi wa salam merupakan manusia sempurna. Karena itu, setiap perbuatan dan tutur katanya dijadikan pedoman dan teladan. Tidak hanya umat Islam, kaum Barat yang tergolong ilmuwan pun setelah mengkaji sosok dan sejarahnya mengakui kalau Rasul Allah yang terakhir ini istimewa dibanding manusia dan pembawa agama lainnya. Misalnya Michael H. Heart mengatakan bahwa manusia yang paling berpengaruh di dunia sepanjang sejarah adalah Muhammad saw. Dalam buku The 100: A Ranking Of The Most Influential Persons In History (New York, 1978), Michael H. Heart menulis: Pilihan saya untuk menempatkan Muhammad pada urutan teratas mungkin mengejutkan semua pihak, tapi dialah satu-satunya orang yang sukses baik dalam tataran sekular maupun agama. Subhanallah, Nabi Muhammad saw sampai sekarang tidak pernah lepas dari pujian dan pengaguman dari umatnya. Tidak hanya urusan agama yang perlu diikuti, tetapi urusan cara menata keluarga, memimpin, dan berwirausaha pun pantas untuk dikaji. Mengapa urusan wirusaha Nabi saw perlu dipelajari? Karena Nabi saw termasuk orang yang sukses dengan strategi bisnis yang khas dan unggul dari yang lainnya. Memang harus diakui bahwa para penulis, baik Muslim atau non-Muslim, sangat jarang yang menulis aspek entrepreneurship dari Nabi Muhammad saw. Apalagi yang ditulis dengan bahasa Indonesia dan uraian yang mudah dicerna, pasti dapat dihitung dengan jari. Alhamdulillah, buku tentang entrepreneurship Muhammad saw kini sudah terbit dan beredar di Indonesia. Buku tersebut ditulis oleh praktisi penerbitan dan entrepreneur industri kreatif yang bernama Bambang Trim dengan judul Briliant Entrepreneur Muhammad saw. Perlu diketahui, Bambang Trim adalah usahawan muda Muslim yang telah banyak berkiprah dalam dunia (usaha) industri kreatif, khususnya dunia tulis menulis dan perbukuan di Indonesia. Kariernya dimulai di Penerbit Rosda kemudian Kaki Buku, Grafindo Media Pratama, MQS Publishing, Dinar Publishing, dan kini diamanahi sebagai direktur Salamadani Pustaka Semesta dan Dixigraf Publishing Service serta pemilik Trim Communication. Adapun buku yang ditulisnya sudah lebih dari 100 judul dan ratusan artikel yang tersebar di media massa, juga puluhan penulis dan editor yang dilatihnya. Buku yang diterbitkan Salamadani pada Februari 2009 ini isinya terdiri dari empat bagian. Bagian satu membahas sosok Muhammad saw sebagai seorang pebisnis; bagian dua menguraikan tentang bagaimana Muhammad saw membangun entrepreneurship; bagian tiga menjelaskan tentang cara dan ke-brilian-an Muhammad saw dalam menjalankan bisnis; dan bagian empat mengenai dedikasi Muhammad saw dalam dunia entrepreneurship, termasuk rahasia kearifan dan kehebatan Muhammad saw dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan tips, pedoman tentang kegiatan ekonomi (syariah) bersadarkan al-Quran dan hadits, dan beberapa pendapat dari para pakar ekonomi dan entrepreneurship, seperti KH.Didin Hafiddudin, M.Antonio Syafii, Adiwarman Karim, Hermawan Kartajaya, dan lainnya. Percayalah, membaca buku ini akan membuka pikiran kita bahwa Islam memiliki konsep, karakter, dan praktis bisnis yang lebih unggul, untung, dan mashlahat bagi kehidupan dunia dan akhirat. Dan, kita selaku umat Islam akan semakin yakin bahwa Muhammad saw merupakan teladan utama dalam urusan agama dan kehidupan perekonomian umat Islam.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H