Mohon tunggu...
A an Muzzamil Nur Illahi
A an Muzzamil Nur Illahi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka baca novel

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan dan Memeperluas Target Pasar Oleh Tim KKN R4 di Dusun Oto-oto

18 Januari 2025   22:10 Diperbarui: 18 Januari 2025   22:34 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kerja sama antara Mahasiswa KKN dengan Pemilik UMKM

Dusun Oto-Oto merupakan salah satu dusun di desa karangkuten Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Di Dusun Oto-oto ini terdapat penduduk yang memproduksi berbagai jenis UMKM, seperti toko kue yang diberi nama Syafa Cookies dan produksi kerupuk cireng di sini penduduk yang memproduksi kerupuk cireng lebih banyak, jika dihitung dusun oto-oto memiliki 3 penduduk yang memproduksi kerupuk cireng. Dari sekian banyaknya UMKM yang ada di dusun oto-oto ini kebanyakan tingkat pemasarannya sangatlah minim, karena hanya menerima pemesanan dari sekitar desa saja atau dengan kata lain hanya tetangga sekitar maupun penduduk desa Karangkuten saja yang memesan kue tersebut. Jadi, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar dapat meningkatkan pemasaran untuk toko kue maupun UMKM lainnya dan memperluas jangkauan pemesenan hingga ke luar desa.

Bagaimana cara agar meningkatkan pemasaran tersebut?

Cara untuk meningkatkan pemasaran UMKM tersebut bisa melalui pemanfaatan media sosial maupun melakukan promosi melalui media social, seperti di Instaram, Facebook, Tiktok, maupun media sosial lainnya.

Dan bagaimana cara pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan?

Kegiatan ini dilakukan melalui serangkaian sosialisasi, edukasi, pelatihan dan juga pendampingan kepada pemilik toko kue maupun pemilik UMKM yang ada di dusun oto-oto.

Tahapan-tahapan yang perlu dilakukan : 

1. Melakukan Sosialiasi kepada Pemilik Toko Kue dan UMKM terkait

Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi tempat pemilik toko kue kemudian dilanjut dengan mendatangi para penduduk yang memproduksi kerupuk cireng. Sosialisasi ini dilakukan dengan menjelaskan materi terkait analisis pasar, analisis pesaing, dan bagaimana pemanfaatan media massa, penguatan branding, promosi, dan juga diskon.

2. Melaksanakan Pelatihan Terkait Mengenai Strategi Pemasaran untuk Memperluas Target Pasar

Pelatihan dilakukan dengan menunjukkan bagaimana cara penggunaan media massa. Ini dilakukan dengan menjelaskan aplikasi untuk pemasaran yang akan di lakukan kedepannya. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi tiktok dimana aplikasi tersebut sebagai media promosi mengenai konten yang akan dibuat dan di lihat oleh beberapa penonton. Sehingga menarik perhatian untuk membeli produk tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun