Mohon tunggu...
aanirma sulistyani
aanirma sulistyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pentingnya Mengelola Waktu Untuk Meraih Kesuksesan

13 Juli 2023   11:20 Diperbarui: 13 Juli 2023   11:23 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Waktu adalah sebuah sumber yang sangat berharga dalam hidupmu, ibarat uang waktu sangat berharga. Bedanya, uang bisa kamu dapatkan kembali jika hilang atau bisa jadi kamu mendapatkan gantinya, sedangkan waktu yang hilang sampai kapan pun tidak akan pernah bisa kembali atau berputar kembali. Kehidupan terus berjalan seiring bergeraknya waktu kita harus membuat pengelolaan waktu yang baik, mengelolah waktu bukan hanya sekedar alat penunjang pekerjaan sebagaimana kalkulator dan gawai.

Jika ingin mengatur kehidupan  dan menjadikan hidupmu menyenangkan, maka kita harus bisa mengatur waktu sebaik baiknya, karena waktu yang efektif merupakan hal dasar yang sangat penting bagi kita. Mengelolah waktu adalah kunci utama dari kesuksesan, selain itu  kita dapat mengambil manfaat hasil kedisiplinanmu sebagai sebuah perjuangan yang berbuah manis.

Apabila kita mampu mengelolah waktu  maka kita bisa sangat mudah mengatur pekerjaan dengan baik, selain itu mengelola waktu  merupakan cara yang penting  sehingga kita terhindar  dari sikap suka menunda-nunda. Orang yang tepat waktu, menghargai waktu  sebagai sesuatu yang penting, kemudian menggunakan waktu  sebijaksana mungkin adalah orang yang disiplin dan teratur. Tujuan dari mengelolah waktu ialah bisa membuat seseorang menjadi orang mandiri dan disiplin karena tepat waktu, membuat seseorang bisa bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.

Berikut beberapa manfaat utama kemampuan dalam mengatur waktu:

  • Bekerja produktif
  • Banyak waktu luang
  • Anti stress
  • Terbiasa disiplin
  • Mengurangi masalah
  • Tanggung jawab
  • Selesai lebih cepat
  • Bersikap professional

Selain terdapat beberapa manfaat juga terdapat beberapa tips untuk mengelola waktu dengan baik.

Prioritaskan Hal yang Penting

Sering kali kita sebagai mahasiswa memiliki tugas yang banyak. Ketika banyaknya tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan, selesaikan terlebih dahulu mana yang dirasa lebih penting.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh,dalam sehari minimalnya kita harus tidur selama 7-8 jam. Istirahat yang cukup akan membuat otak lebih segar ketika bangun di pagi hari dan hal ini juga akan membuat kita lebih efisien melanjutkan aktivitas keesokan harinya.

Jangan Tunda Pekerjaan

Ketika ada pekerjaan atau tugas yang diberikan oleh dosen ataupun pimpinan di organisasi atau tempat kerja, langsung kerjakan selagi ada waktu luang untuk mengerjakannya. Jangan suka menunda-nunda mengerjakan tugas tersebut, sebab ketika tugas tersebut jadi menumpuk kita sendiri yang akan kewalahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun