Mohon tunggu...
aan sebastian
aan sebastian Mohon Tunggu... Penulis - 1900030358

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Dua Sisi Media Sosial

9 Juli 2021   10:24 Diperbarui: 9 Juli 2021   10:26 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo teman-teman sobat kompasiana pembaca setia saya

topik yang saya tulis kali ini pengalaman dan pendangan saya terkait dengan media sosial, yang mana media sosial Saat ini sangat berkembang pesat di kalangan remaja dan masyarakat. tentunya terkait adanya fenomena seperti itu dampak dari sisi positif maupun negatif terhadap remaja dan masyarakat sangat dirasakan. yang mana kita ketahui media sosial merupakan situs dimana seseorang dapat membuat web page pribadi kemudian terhubung dengan berbagai orang dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi dan berkomuninkasi. mudahnya mengkses internet bahkan tidak hanya orang dewasa yang bisa menggunakan , bahkan anak-anak dibawah umur pun bisa mengakses media sosial dan tentunya jika tanpa pengawasan dari kedua orang tua hal tersebut sangat berbahaya. kalangan remaja juga sama, semakin aktif remaja tersebut di media sosial maka mereka semakin dianggap keren dan gaul. dan ketika seorang remaja tidak memiliki media sosial biasanya dianggap kuno, ketinggalan jaman dan kurang gaul. kemudahan yang Sudah banyak ditawarkan dari perangkat teknologi informasi yang ada sekarang ini mengjadikan hal tersebut suatu kebutuhan yang Tidak dapat dipidahkan dari Kehidupan sehari hari.  Salah Satu penyebabnya antara lain yaitu mengingat berkat kehadirannya media sosial informasi apa Saja dopat didapatkan dengan mudah dan dopat terkoneksi sangat cepat dengan siapa saja. sekarang ini banyak sekali merk perangkat telepon genggam yang menyediakan berbagai fitur yang tidak berbayar dan data diunduh secara gratis seperti Facebook, instagram, dan twiter pada masa sekaranng ini banyak digunakan akan oleh masyarakat.

tentunya dengan adanya kemudahan dihadirkannya perangkat teknologi informasi ini menjadikan nya suatu hal pokok dan Tidak bisa terlepaskan dari Kehidupan masyarakat. bahkan anak-anak dibawah umur pun sangat cepat memahami hal tersebut jadi dampak bawaan dari teknologi yang ada berupa dampak positif dan dampak negatif terutama yang mempengaruhi aktifitas bersosialisasi mereka.

Kalau dilihat dari sisi positif teknologi superti media sosial dapat menjadi suatu perkembangan pembelajaran bagi Anak Anak dibawah umur atau bisa disebut dengan pendidikan teknologi dasar, yaitu suatu teknologi dalam memperkenalkan teknologi secara dini kapad Anak - Anak indonesia , yang mana saya ketahui dalam program tersebut Anak-anak diperkenalkan untuk terlibat aktif berinteraksi dengan teknologi dan memberikan stimulasi perkembangan  , salah satunya kemampuan problem solving, inovasi dan kreatifitas .

jika mengutip dari film "The social dilemma"yang di rilis pada 9 september tahun 2020 tersebut kita dapat melihat sisi gelap dari terknologi internet yang ditenagai algoritma ,hingga akhirnya membawa kita kepada sebuah kedilemaan. film yang disutradarai oleh orlowski tersebut itu memperlihatkan kesadaran dalam menggunakan media sosial secara bijak dan tentunya menjadi pengguna media sosial yang cerdas. film dokumenter ini membongkar dampak negatif dari media sosial yaitu diantaranya interaksi antar individu menurun dikarenakan seseorang lebih merasa nyaman dengan ponselnya. kemudian dalam film dokumenter tersebuh juga menyoroti sejumblah dampak positif dari media sosial , yaitu seperti apa yang sudah saya jelaskan diatas ,mendapatkan informasi apapun sangat mudah didapatkan dan mampu terhubung dengan cepat dengan siapapun.

kemudian selanjutnya  saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai sisi positif dan sisi negatif dari media sosial itu sendiri. yang pertama saya akan membicarakan dari sisi positif dari media sosial yang hampir setiap Hari menemani saya ,bahkan ketika satu Hari Tidak mengakses media sosial saya rasa dalam hidup saya ada yang kurang , dan mengingat kemudahan mendapatkan informasi yang terntunya bagi saya sebagai mahasiswa itu sangat penting. salah satunya contohnya yaitu, ketika saya akan membuat sebuah penelitian dan kesulitan disebabkan kurangnya refeensi dari dari satu buku ,informasi yang daya dapatkan dari jurnal tersebut sangat mudah  saya dapatkan di era teknologi informasi saat ini. kemudian ber iteraksi dari panjuru negara maupun di pelosok daerah manapun bisa dilkukan dengan sangat mudah jika kita dan seorang yang ingin kita hubungi juga memiliki koneksi sinyal. tentunya dengan adanya teknologi yang ada sekarang ini sangat membantu saya. sebagai  mahasiswa yang jauh dari kedua orang tua dan tentunya Komunikasi adalah statu hal yang penting, dan tentunya dengan hadirnya teknologi komunikasi saat ini sangat membantu bagi saya. dan dengan adanya  media sosial ini dampak positif yang saya rasakan salah satunya berkat kehadiran media sosial, informasi apa saja sangat mudah saya dapatkan dan dapat terkoneksi secara cepat dengan siapapun. 

bagi saya media sosial sudah menjadi candu, tiada hari tanpa sosial media, bahkan hampir 24 jam saya Tidak lepas dari telefon genggam saya. jujur saya orangnya pemalu dan gugup mengungkapkan pendapat di depan umum, namun berkat adanya media sosial saya lebih mudah dalam mengekspresikan diri. dan menyikapi hal tersebut saya merasa media sosial Tidak Hanya memberikan kemudahan seseorang untuk kapat melakukan interaksi dengan banyak orang, namun media sosial juga memberikan sarana bagi manusia untuk mengekspresikan diri. kemudian mengingat biaya yang dikeluarkan dibanding dengan media-media lainnya biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah ,karena hanya butuh biaya internet untuk kapat mengakses media sosial.

kemudian selanjutnya saya akan berpendapat menurut apa yang saya rasakan, dampak negatif yang saya dapatkan jika terlalu terobsesi atau terlau sering menggunakan media sosial. dampak yang saya rasakan yang pertama bahkan mungkin saya rasa orang di luar sana juga merasakan dampak yang saya rasakan yaitu, menjauhkan orang orang terdekat dan seseorang yang terjebak dalam media sosial beresiko mengabaikan orang orang di sekitar dalam kehidupan sehari-hari. kemudian menurunnya interaksi tatap muka karena mudahnya berinteraksi melalui media sosial, dengan adanya kemudahan tersebut seseorang akan semakin malas untuk berinteraksi secara langsung denagn orang lain. selanjut nya dampak yang Tidak kalah mengerikannya yang saya rasakan yaitu media sosial menjadi candu dan sulit untuk dipisahkan dari Kehidupan sehari Hari saya.

Kepraktisan dan kemudahan menggunakan media sosial mengakibatkan saya dan orang-orang di luar sana semakin tergantung pada media sosial. dalam bermedia sosial kita harus bijak dan pintar Karena dalam bersosial media juga dapat menimbulkan konflik jika kurang memperhatikan tindakan kita lakukan dalam bermedia sosial.kemudian mengenai masalah privasi, dengan media sosial, apapun yang kita akan unggah sangat mudah dilihat oleh oleh orang lain, tentu saja hal ini memberi tahu kepada orang-orang masalah-masalah pribadi kita. oleh karena itu tentu Saja hal ini bersifat privasi dan sebaiknya Tidak untuk diunggah hal hal yang bersifat privasi ke dalam media sosial. 

Melihat fenomena yang terjadi sekarang media sosial tidak hanya merubah perilaku dikalangan remaja, media sosial juga merubah nilai nilai atau norma yang ada di masyarakat. perubahan-perubahan hubungan sosial dan segala bentuk perubahan dalam lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mana mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai nilai kemudian sikap dan pola perilaku di dalam kelompok masyarakat. kemudian jika dilihat dari sisi ekonomi mengingat tingginya masyarakat menggunakan media sosial , sebagian ada yang mendapatkan keuntungan dengan berbisnis melalui media sosial. melihat hal tersebut, ketergantungan masyarakat  dengan media sosial Tidak bisa dipungkiri akan terjadi. dan hal ini tentu saja akan mempengaruhi kehidupan mereka sehari hari. Salah Satu pengaruh negatif terhadap perubahan sosial yang akan dirasakan oleh masyarakat antara lain : sering terjadi nya konflikt antar kelompok kelompok tertentu dengan berlatar belakang agama, ras dan suku . Salah Satu  contoh mengatasnamakan agama yaitu ketika kelompok tertentu memiliki jumlah pengikut yang banyak, dengan adanya media sosial cenderung memanfaatkan momen tertentu untuk menggerakkan masa dalam jumlah yang banyak dengan tujuan yang telah disepakati oleh kelompok tersebut. dengan demikian media sosial berpengaruh terhadap terbentuknya kelompok kelompok sosial tersebut. 

teman teman sobat kompasiana, mungkin itu Saja materi yang dapat saya tulis, yang mana informasi tersebut saya dapat dari pendapat dari pandangan saya mengenai dua sisi media sosial, kemudian sebagian saya  mengutip dari buku dan dari film dokumenter the social dilemma. dan apabila ada salah kata maupun kalimat yang sulit untuk dipahami saya mohon maaf , cukup sekian

salam bahagia :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun