Mohon tunggu...
Ambar
Ambar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Student/Lecturer Assistant/Content Creator

It's me! Semoga setelah ini rajin menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

APE dalam Pengembangan Aspek Bahasa pada Anak Usia Dini

8 November 2021   11:11 Diperbarui: 8 November 2021   11:15 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Halo teman- teman, kali ini kita akan membahas tentang pengembangan aspek bahasa apada anak usia dini dan juga APE atau alat permainan edukatif yang membantu dalam pengembangannya

Pengembangan aspek bahasa pada anak usia dini adalah salah satu pengembangan aspek yang sangat dibutuhkan pada manusia, dimana bahasa sendiri menurut KBBI adalah sebuah sistem lambang, bunyi yang digunakan oleh suatu kelompok dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Bahasa juga dapat diartikan sebagai sebuah sistema komunikasi yang berbentuk suara atau lisan, tulisan dan juga isyarat. Jadi pengembangan aspek bahasa pada anak usia dini adalah sebuah pengembangan aspek yang terjadi pada anak yang melibatkan gaya bahasa, komunikasi, symbol- symbol lainnya guna berinteraksi dengan manusia lain atau lingkungannya.

Adapaun beberapa komponen pada pemerolehan bahasa yaitu, pekembangan fonologi, perkembangan sintaksis, perkembangan semantic, dan juga perkembangan paragmatik, beikut adalah penjelasannya,

1. Perkembangan fonologi atau sistem bunyi, dimana pada permebangan ini adalah sebuah perkembangan pada anak yang melibatkan suara dan bunyi vocal juga konsosnannya

2. Perkembangan sintaksis atau struktur bahasa, dimana pada perkambangan ini adalah sebuah perkembangan yang melibatkan anak dalam penyusunan kata- kata menjadi sebuah kalimat yang utuh dan juga terstruktur

3. Perkembangan semantic atau sistem makna, dimana pada perkembangan ini anak sudah harus mampu menyampaikan sebuah kelimat dengan makna yang utuh

4. Perkembangan parakmatig atau sistem social, dimana pada perkembangan ini anak harunya sudah mampu dalam menerapkan ucapan dalam kehidupan sehari- harinya

Fungsi dari pengembangan bahasa pada anak usia dini adalah agar anak dapat berkopmunikasi dengan lingkungannya, pengembangan intelektual pada anak, pengambangan ekspresi anak dan juga sarana yang dapat digunakan oleh anak sebagai penyataan perasaan juga ide pada manusia lain. Penguasaan bahasa pada anak juga merupakan sebuah pencapaian yang besar bagi anak usia dini, dimana saat anak sudah mulai memasuki masa sekolah, maka perkembangan bahasanya anak meningkat dengan signifikan.

Berikut adalah tahapan- tahapan pada perkembangan aspek bahasa anak usia dini, yait

1. Periode pralinguistik, dimana pada tahap ini juga dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pada tahap pertama anak usia 0-2 bulan, anak sudah dapat membuat suara- suara yang menyenangkan. Kemudian pada tahap kedua, pada anak usia 2-10 bulan, anak sudah mulai mengoceh dan ocehannya dapat berupa kata- kata atau kalimat yang telah ia dengar. Pada tahap ketiga, anak usia 10-14 bulan, anak sudah dapat menggunakan irama- irama yang telah ia dengar dari lingkungannya.

2. Periode linguistic, dimana pada tahap ini anak sudah mulai mampu menggunakan kata- kata yang telah ia dengar dari lingkungannya, jadiii pada tahap ini orangtua juga harus mampu memberikan stimulus- stimulus berupa kata- kata agar perkembangan bahasa pada anak meningkat semakin pesat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun