Mohon tunggu...
Assaoralhaq Arsyad
Assaoralhaq Arsyad Mohon Tunggu... -

MANAGEMENT EVOLUTIONS\r\n\r\nhttp://assaoralhaqarsyad.\r\nwordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Money

Kita Butuh Masalah!!!

16 Mei 2010   07:14 Diperbarui: 26 Juni 2015   16:11 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

[caption id="attachment_141858" align="alignleft" width="205" caption="image from john hopkins university (http://guides.library.jhu.edu/content.php?pid=23858&sid=709466)"][/caption] Yah saya mau MASALAH ini menjadi potensi.... saya tidak mau bingung lagi negaraku, seperti di "saya bingung negaraku", Sekarang saya mau panggil teman saya yang ngomong gede setengah mampus dan banyak berteori itu, yang pernah bilang begini sama saya: "kalau saya analisis productivity suatu perusahaan dan melihat kayak ginih, CEOnya tuh pasti udah dipecat, atau mundur karena malu" Woiiii temanku, kamu jangan banyak teori buktiin apa yang kamu bilang, jangan ngomong gede ajah dan berkoar-koar kesana kemari. cepaaaaat!!! Aku kagak mau bingung lagi.  Tulis dibawah dan saya akan lakukan apa yang kamu minta. BIAR KAGAK BINGUNG OK Pak,  Aku mau ambil satu pendekatan yang aku mengerti yaitu productivity, biar fokus urusannya. satu hal pasti outputnya harus lebih besar dari input, tidak peduli mau input ini bakal dikurangi, ditambah ataupun tetap. yang pasti output harus NAIK, titik. Dan yang pasti untuk politik harus di-arrange cari ekspetasi mereka,  dan jangan banyak indikator,  pakai satu dasar indikator saja dan kita sepakati, samakan dan sosialisasikan semua parameternya jadi kalau satu orang bilang bagus yah bagus, Kalau hancur yah memang hancur, semua based from result. BIAR KAGAK BINGUNG Saya juga tidak mau ada "Manajer-manajer" anda datang ke saya trus bilang; Wah hebat pak.. cara yang bapak sarankan membuat pertumbuhan ekonomi kita naik 5,1%,  pengangguran berkurang jadi 8,5%, cadangan devisa kita naik 69,1% , Kemiskinan turun jadi 15,4% , Bank Dunia memuji keberhasilan ekonomi kita, penerimaan pajak kita akan naik sebesar Rp 11,1 triliun. . Karena pasti saya akan bilang; "Hei.. kalau itu anda tidak usah kasih tau, itu memang kewajiban kita, biar saya dengar itu dari media massa, LSM, badan statistik dan tulisan-tulisan di kompasiana!!! saya mau anda datang kesini dan kasih tau masalah apa saja yang ada, dari proses yang terjadi dimana saja yang keropos, karena ingat "masalah" adalah potensi buat kita mencapai surplus pertumbuhan ekonomi. Dan kalau kalian bilang itu sudah bagus, yah.. lebih baik kita semua pulang, buat apa disini, tidur saja di rumah, trus kita berdoa yang banyak biar masuk surga, kan tokh anda bilang semua baik-baik saja!! pokoknya...; KITA BUTUH MASALAH!!!" Tidak pakai lama... seminggu ini saya akan lakukan analisa statistik keuangan negara masuk dan keluar, analisa kinerja resource (SDM) yang dimiliki, analisa kapasitas managerial para pengambil keputusan, analisa sistem manajemen pemerintahan kita, analisa kesepahaman target antara yang punya negara (rakyat) sama yang mendapat mandat beserta "manajer2nya, dan terakhir saya lakukan interview investigatif biar saya tahu "manajer2" ini kekurangannya apa dan perlu didoktrin apa saja.  Selanjutnya saya akan merangkai analisis sistem yang ada sekarang dari target sampai laporan (hasil) dimana bottleneck-nya, setelah itu bapak undang mereka dan beritahukan hasilnya, kasih tau target dan ekspetasinya. Tapi ingat target yang dibuat harus spesifik, terukur, akurat, realistis dan bisa ditelusuri! HASILNYA!! Yah.. saya kan bilang seminggu pak!! tunggu seminggu lagi hasilnya dan kita lihat berapa persen opportunity-nya! Pokoknya saya pastikan saya akan bekerja 19 jam sehari dalam seminggu ini (spesifik kan daripada saya bilang kerja siang dan malam!!) mmmmh....Ok deh kalau begitu!!! Make it Happen Indonesiaku!! http://assaoralhaqarsyad.wordpress.com/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun