Berdasarkan peneilitan terhadap 160 berita politik di portal harian Tempo.co periode kampenye presiden 2014, tertanggal 4 Juni hingga 5 Juli 2014 menurut tiga sifat propaganda dan dari sudut pandang proporsionalitas dan komprehensifitas berita, maka peneliti menemukan hasil sebagai berikut.
Dari 160 berita yang diambil secara acak tersebut, didapati 45 frekuensi berita mengandung unsur white propaganda kepada pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla atau dalam prosentase 28,1 persen. Sedangkan pada pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa hanya 20 frekuensi white propaganda atau dalam prosentase 12,5 persen.
Menurut grey propaganda pada pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla ditemukan 2 frekuensi berita saja atau dalam prosentase 1,2 persen. Sedangkan pada pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mencapai 23 frekuensi berita grey propaganda atau dalam prosentase 14,3 persen.
Dari sudut pandang menurut sifat black propaganda, frekuensi berita untuk Joko Widodo-Jusuf Kalla 0 frekuensi atau dalam prosentase 0 persen. Sedangkan pada pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa frekuensi black propaganda yang dibangun Tempo.co mencapai8 frekuensi atau dalam prosentase 5 persen berita.
Total berita propaganda Tempo.co yang sering memuat wacana Joko Widodo-Jusuf Kalla sebanyak 47 berita atau dalam prosentase 29 persen. Sedangkan pada keseluruhan berita propaganda Tempo.co yang memuat wacana Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebanyak 51 berita atau dalam prosentase 31,9 persen.
Sedangkan untuk berita politik yang dimuat secara proporsional dan komprehensif mencapai 38,7 persen atau 62 frekuensi berita. Data ini menunjukkan bahwa Tempo.co tidak selamanya independen dalam memberitakan seluruh beritanya pada periode kampanye pemilihan presiden 2014.
Berikut hasil analisa data penelitian dilampirkan:
Frekuensi
Jokowi-Jusuf Kalla
Prabowo-Hatta Rajasa
PK
W
G
B
W
G
B