Mohon tunggu...
Muhammad Fakhri Khusaini
Muhammad Fakhri Khusaini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Brawijaya

Hobi membaca buku dan bermain game

Selanjutnya

Tutup

Bola

Prestasi dari Desa: Juara Tidak Harus Berasal dari Kota

29 Agustus 2024   23:13 Diperbarui: 29 Agustus 2024   23:25 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Prestasi dari Desa: Juara Tidak Harus Berasal dari Kota. Desa Sumberoto, (2/8/2024) Foto: Ahmad Habil Quthb

Desa Sumberoto, Kabupaten Malang -- Siapa bilang hanya kota besar yang bisa melahirkan juara? Desa Sumberoto, yang tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki potensi luar biasa dalam membangun semangat kebersamaan di antara warganya. Salah satu bukti nyata dari hal ini adalah penyelenggaraan "Journey Arancia of Unveiling Triangle (JANTRA) X Sumberoto (RAMBO) Volleyball Tournament Cup 2024", sebuah turnamen voli antar dusun yang menjadi program unggulan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 58 dari Universitas Brawijaya (UB).

Prestasi dari Desa: Juara Tidak Harus Berasal dari Kota. Desa Sumberoto, (2/8/2024) Foto: Wahyu Shafira A.R.
Prestasi dari Desa: Juara Tidak Harus Berasal dari Kota. Desa Sumberoto, (2/8/2024) Foto: Wahyu Shafira A.R.
Turnamen RAMBO Cup ini tidak hanya sekadar ajang olahraga, tetapi juga menjadi wadah bagi generasi muda dan masyarakat desa untuk mempererat tali silaturahmi serta menghidupkan semangat kerja sama dan pantang menyerah. Partisipasi perangkat desa, seperti Kepala Dusun Sumberejo dan Kepala Desa Bapak Budi Utomo, S.E., M.M., dalam memberikan sambutan pada acara ini, semakin memperkuat komitmen bersama dalam membangun kebersamaan.Dukungan masyarakat dalam kegiatan ini sungguh luar biasa. Setiap kali ada tim yang melakukan serangan atau menggagalkan serangan lawan, sorak sorai penonton menggema di lapangan voli Ngrendeng. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua larut dalam euforia pertandingan. Kesuksesan RAMBO Volleyball Tournament Cup 2024 ini tidak lepas dari peran aktif panitia dan antusiasme masyarakat desa yang berbondong-bondong datang ke lapangan untuk memberikan dukungan atau sekadar menonton.


Prestasi dari Desa: Juara Tidak Harus Berasal dari Kota. Desa Sumberoto, (2/8/2024) Foto: Wahyu Shafira A.R.
Prestasi dari Desa: Juara Tidak Harus Berasal dari Kota. Desa Sumberoto, (2/8/2024) Foto: Wahyu Shafira A.R.
Beberapa tim yang berpartisipasi antara lain Dusun Kalisangkrah, Dusun Ngrendeng, Dusun Sumberoto, Dusun Sumberejo, Dusun Panggungwaru, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang, dengan sistem kompetisi bracket atau sistem gugur. Pada akhirnya, Dusun Ngrendeng berhasil meraih juara pertama, disusul oleh Dusun Sumberejo sebagai juara kedua, dan Dusun Kalisangkrah di posisi ketiga.
RAMBO Volleyball Tournament Cup 2024 yang diinisiasi oleh KKN Kelompok 58 JANTRA UB ini bukan hanya menekankan aspek kompetisi, tetapi juga pengembangan kapasitas masyarakat. Selain untuk meningkatkan keterampilan bermain voli, turnamen ini juga menjadi sarana efektif untuk memperkuat solidaritas antar warga desa. Kegiatan ini yang melibatkan berbagai kelompok usia tidak hanya menjadi ajang kompetisi bagi para atlet, tetapi juga menjadi hiburan dan penguatan ikatan sosial di antara warga desa.

Semangat kompetitif yang tercipta di antara dusun-dusun dalam turnamen ini menjadi pendorong lahirnya atlet-atlet berbakat. Dedikasi dan sinergi yang ditunjukkan oleh para atlet voli menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengejar prestasi dan mengembangkan semangat olahraga. Keberhasilan yang diraih oleh desa-desa kecil ini membuktikan bahwa prestasi bisa diraih dari mana saja, tidak hanya dari kota-kota besar, asalkan ada semangat dan tekad yang kuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun