Mohon tunggu...
Money

Ekonomi Politik

30 Mei 2018   03:38 Diperbarui: 30 Mei 2018   03:52 437
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

EKONOMI POLITIK

Ekonomi sering di kaitkan dengan uang, uang dan uang, sedangkan  politik  sering dikaitkan dengan jabatan, kekuasaan, dan perebuatan kesuasaan. Dari kedua definisi singkat tersebut memiliki definisi yang berbeda. Pertanyaanya, apakah ada hubungan antara ilmu ekonomi dan politik?

Pada intinya ilmu ekonomi mengarahkan bagaimana manusia baik individu maupun kelompok membuat pilihan terbaik, sebagaimana dikatakan Paul Samelson  ekonomi adalah studi bagaimana orang memilih sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhnya yang tak terbatas. Sedangkan politik adalah seni dan ilmu tentang pemerintahan dan pola- pola kekuasan aturan-aturan dan kewenangan.

Dalam pemaknaan ekonomi sebagai membuat pilihan sumber daya dan politik sebagai otoritas/ kekuasaan. Hubungan ekonomi  dan politik dapat diartikan kedalam hubungan antara kekayaan dan kekuasaan. 

Ekonomi sebagai pihak yang menciptakan dan pendistribusikan kekayaan sumber daya yang ada, dan  politik sebagai pihak yang menciptakan dan pendistribusian kekuasaan. Kekayaan berupa kapital/modal, SDM sedangkan  kekuasaan  bisa dimasukan kedalam bentuk organisasi, kepemimpinan dan institusi-institusi pemerintahan.

Dari sinilah ekonomi dan politik sudah mulai bisa dihubungkan, yaitu terdapat hubungan kausal antara ekonomi dan proses politik. Hubungan ini menghasilkan dimana politik menentukan aspek aspek ekonomi dan intusisi pemerintah sedangkan ekonomi menentukan proses-proses ekonomi atau perekonomian.

Perekonomian tidak bisa hanya di serahkan pada produsen dan konsumen yang berinteraksi dalam mekanisme pasar (mikro), diperlukan campur tangan pemerintah untuk menentukan kebijakan publik (makro) dan pemerintah ikut terlibat baik secara tidak langsung maupun tidak langsung. Keterlibatan pemerintah menunjukan wujud tanggung jawab untuk memajukan perkonomian negara. 

Dalam hal ini pemerintah menjalankan politik ekonomi. Kemudian politik  ekonomi dimaksudkan untuk membahas berbagai ,aspek proses, dan institusi politik dengan kegiatan seperti produksi, investasi,  kebijakan dalam bidang moneter, fiskal, pembentukan harga dan perdagangan (ekspor/impor).

Nah, kemudian kesimpulanya politik ekonomi satu kesatuan yang saling berkaitan dan terikat erat dengan kebijkan publik mulai dari proses perancangan, perumusan serta organisasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun