Mohon tunggu...
Jelita Salsabilah AP
Jelita Salsabilah AP Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya merupakan mahasiswi di universitas airlangga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Efektivitas Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Universitas Airlangga

30 November 2024   07:30 Diperbarui: 30 November 2024   07:30 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pelayanan keperawatan merupakan aspek penting dalam sistem kesehatan yang berperan langsung dalam mwnunjang langsung kehidupan mereka (pasien) dan meningkatkan kualitas hidup mereka (pasien). Di rumah sakit airlangga pelayanan keperawatan dirancang untuk memenuhi kebituhan pasien secara holistik. Evaluasi terhadap evektivitas pelayanan keperawatan menjadi hal yang esensial untuk memastikan mutu pelayanan yang optimal serta memenuhi ekspetasi pasien dan keluarga.

Pentingnya evaluasi pelayanan keperawatan
Sebagai seorang perawat yang professional harus selalu berfikir kritis dari setiap tahap kita harus selalu berfikir kritis karena untuk keberhasilan perawatan terutama dalam tahap evaluasi. Evaluasi adalah suatu usaha untuk mengukur dan memberi nilai secara obyektif pencapaian hasil-hasil yang telah direncanakn sebelumnya. Evaluasi dalam keperawatan merupakan kegiatan dalam menilai tindaka keperawatan yang telah ditentukan, untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan  pasien secara optimal dan mengukur hasil dari proses keperawatan.

Evaluasi keperawatan bertujuan untuk menilai sejauh mana tindakan keperawatan yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan dan berkontribusi terhadap kesehatan pasien. Evaluasi ini juga bertujuan untuk :
1.Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem pelayanan keperawatan
2.Mengukur kepiasan pasien terhadap asuhan keperawatan yang telah diterimanya
3.Memastikan bahwa pelayanan keperawatan berkontribusi pada pencapaian tujuan rumah sakit secara keseluruhan.

Aspek yang di Evaluasi
evaluasi efektivitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit universitasAirlangga (RSUA) mencakup berbagai aspek utama, yaitu :
1.Kepatuhan terhadap standar operasional prosedur (SOP)
Sesuai yang telah saya amati bahwa perawat di rumah sakit universitas airlangga (RSUA) sudah sesuai melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan. Seperti contohnya memelihara kebersihan ruang rawat dan lingkungan di sekitarnya.
2.Kualitas asuhan keperawatan
Sesuai yang telah saya amati bahwa perawat di rumah sakit universitas airlangga (RSUA) sudah melibatkan evaluasi terhadap tindakan keperawatan yang diberikan, seperti pemberian obat, perawatan luka, serta tindakan lainnya, serta dampaknya terhadap kondisi pasien.
3.Kepuasan pasien
Kepuasan pasien diukur melalui survei wawancara yang mencakup komunikasi, empati, responsive, dan profesionalisme perawat. “pelayanan di rumah sakit universitas airlangga ini sangat ramah, khususnya semua tenaga kesehatan yang telah bekerja sama untuk menyembuhkan pasiennya. Saya sangat suka terhadap pelayanannya” ucap salat satu pasien rumah sakit universitas airlangga.
4.Efisiensi Waktu dan Sumber Daya
Aspek ini mengevaluasi bagaimana perawat memanfaatkan waktu dan sumber daya yang tersedia untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.
5. Outcome Pasien
Evaluasi dilakukan terhadap hasil akhir asuhan keperawatan, seperti tingkat pemulihan pasien, pengurangan komplikasi, atau lama perawatan di rumah sakit.

Hasil Temuan Evaluasi
Hasil evaluasi pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Universitas Airlangga menunjukkan beberapa hal penting, seperti :
1.Kepuasan pasien
Sebagian besar pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, terutama dalam aspek komunikasi dan empati perawat. Namun, ada masukan untuk meningkatkan kecepatan respons terhadap kebutuhan mendesak pasien.
2.Kepatuhan terhadap SOP
Audit menunjukkan bahwa mayoritas perawat telah melaksanakan tugas sesuai dengan SOP, meskipun terdapat beberapa penyimpangan kecil dalam dokumentasi.
3.Efisiensi Pelayanan
Penggunaan teknologi, seperti sistem informasi kesehatan, membantu meningkatkan efisiensi waktu dalam pencatatan dan pengelolaan data pasien.
4.Outcome Pasien
Tingkat pemulihan pasien secara keseluruhan cukup baik, dengan angka komplikasi yang rendah, menunjukkan efektivitas asuhan keperawatan di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA).

Rekomendasi untuk peningkatan
Berdasarkan hasil evaluasi, beberapa rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pelayanan keperawatan di rumah sakit universitas airlangga (RSUA) meliputi :
1.Peningkatan pelatihan
Mengadakan peningkatan pelatihan berkelanjutan bagi perawat untuk meningkatkan kompetensi teknis dan komunikasi, serta memastikan kepatuhan terhadap standar operasional prosedur (SOP)
2.Peningkatan sistem dokumentasi
Memanfaatkan teknologi secara optimal untuk mempercepat dan mempermudah proses dokumentasi asuhan keperawatan.
3.Evaluasi berkala
Melakukan evaluasi rutin untuk memantau kemajuan dan memastikan bahwa pelayanan keperawatan terus di tingkatkan.

Kesimpulan  
Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar kualitas yang baik. Dengan pelatihan berkelanjutan, optimalisasi sistem, dan manajemen yang lebih baik, rumah sakit universitas airlangga (RSUA) dapat terus meningkatkan pelayanan keperawatan sehingga memenuhi ekspektasi pasien dan berkontribusi pada pencapaian tujuan kesehatan nasional.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun