Mohon tunggu...
Brillian Dwiza Novema
Brillian Dwiza Novema Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa di Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Undip Lakukan Sosialisasi Kepatuhan Pajak Guna Bidang Kesehatan Terutama Imunisasi BIAN dan KEJAR Tahun 2022

25 Agustus 2022   14:38 Diperbarui: 2 September 2022   09:59 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyampaian materi Kepatuhan pajak pada ibu - ibu PKK Kelurahan Mugassari RW 5 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Semarang (25/08/2022) -- Mahasiswa Tim I Kota Semarang dari KKN Tematik "Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Program KEJAR & BIAN (Bulan Imunisasi Anak) Tahun 2022" Tim I Kota Semarang mengadakan sosialisasi tentang kepatuhan pajak pada Ibu PKK kelurahan Mugassari RW 5, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Sabtu (13/8) Sore Pukul 16.00 WIB.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan oleh Puslitkes Undip yang bekerja sama dengan UNICEF dengan mengangkat tema "Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Program KEJAR & BIAN Tahun 2022". 

Latar Belakang Sosialisasi ini dilaksanakan adalah masih belum banyak mengetahui pemahaman kepatuhan pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak yang nantinya menjadi penerimaan negara, sehingga pemerintah akan melakukan penganggaran dari sumber penerimaan yang ada termasuk dari pajak untuk memenuhi kebutuhan negara termasuk dalam fasilitas kesehatan masyaraakt secara menyeluruh.

Memberikan bingkisan dan juga brosur materi pada Ibu Anggota PKK Kelurahan Mugassari RW 5 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Memberikan bingkisan dan juga brosur materi pada Ibu Anggota PKK Kelurahan Mugassari RW 5 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu Brillian Dwiza Novema (Akuntansi Perpajakan Program Transfer) yang materi berisi mengenai tentang kepatuhan pajak di Indonesia. 

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberi informasi lebih lanjut mengenai pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak baik wajib pajak pribadi maupun badan guna pendanaan fasilitas umum terutama bidang kesehatan dimasa pandemi ini dan juga untuk imunisasi anak yang dijadwalkan pada bulan Agustus sebagai Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). 

Penjelasan Mengenai Pengaruh Kepatuhan Imunisasi KEJAR & BIAN 2022 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Penjelasan Mengenai Pengaruh Kepatuhan Imunisasi KEJAR & BIAN 2022 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Dalam pelaksanaan program dihadiri oleh kader Posyandu Dewi Anggraini dan Ibu -- Ibu PKK RW 5 Kelurahan Mugassari. Saat pelaksanaan program materi yang diberikan mudah dipahami dan diikuti oleh peserta sosialisasi sehingga poin -- poin penting mengenai kepatuhan pajak dapat tersampaikan dengan baik.

Selain itu, sosialisasi ini memberikan contoh dalam meningkatkan kepatuhan pajak dengan berupa kepatuhan penerapan ketentuan tentang batas waktu penyetotan dan penyampaian SPT serta bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dari masyarakat terutama pada warga sekitar Kelurahan Mugassari RW 5 tentang pentingnya pajak yang dibayarkan pada saetiap penghasilan diterima. 

Sehingga ini akan meningkatkan penerimaan negara yang nantinya digunakan untuk membuat anggaran pengeluaran negara yang dimana salah satunya pada bidang kesehatan guna membiayai Imunisasi Anak pada BIAN agar tingkat penyebaran penyakit Measles Rubella atau Campak Rubella dapat dikendalikan setelah pandemi menurun.

Foto Bersama Ibu - Ibu PKK Kelurahan Mugassari RW 5 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Foto Bersama Ibu - Ibu PKK Kelurahan Mugassari RW 5 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun