Mohon tunggu...
Yuniarti
Yuniarti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya sangat suka mendengarkan musik setiap saat. Musik membuat saya lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas keseharian saya. Kehadiran media sosial sangat membantu saya dalam mengakses berita terkini.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dua Media Teknologi sebagai Pedoman dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

24 Maret 2024   20:03 Diperbarui: 24 Maret 2024   20:05 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semakin majunya zaman, pendidik dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Kehadiran teknologi sangat membantu pendidik untuk meningkatkan kreatifitas, meningkatkan minat, serta pemahaman peserta didik. Banyak pilihan teknologi yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pendidik. Di sisi lain kehadiran teknologi yang lebih canggih menjadi tantangan bagi pendidik yang sudah berumur untuk tetap mampu menggunakannya, hal tersebut menjadi tanggung jawab seorang pendidik untuk terus belajar. Pendidik tidak harus menggunakan teknologi yang kekinian, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. 

Pada mata pelajaran bahasa Indonesia banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan kasus yang terjadi pada beberapa proses pembelajaran bahasa Indonesia, kemampuan peserta didik tentang kaidah kebahasaan masih rendah. Hal tersebut seharusnya menjadi perhatian lebih. Kemampuan kebahasaan menjadi kompetensi dasar bagi peserta didik untuk menulis dengan baik dan benar. Pendidik seharusnya mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Teknologi yang bisa digunakan misalnya KBII online, dan PUEBI online. Kedua teknologi tersbeut merupakan teknologi yang mudah diterapkan tanpa membutuhkan keahlian khusus, dan tentunya memberikan kemudahan bagi pendidik yang masih awam dengan teknologi pembelajaran.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online adalah  laman resmi pencarian kata dalam KBBI. Laman ini dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. KBII online digunakan untuk mencari makna dari kosakata bahasa Indonesia dengan mudah. Tidak hanya mencari arti dari kosakata, KBBI juga bisa digunakan untuk mencari kata baku dan tidak baku. KBII online bisa diakses melalui link berikut https://kbbi.kemdikbud.go.id/, KBBI juga hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses offline.

PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) online adalah laman resmi untuk pedoman penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. PUEBI memberikan aturan yang jelas dan terperinci tentang ejaan yang benar, penggunaan tanda baca, dan pemenggalan kata. Penggunaan PUEBI dalam proses pembelajaran bertujuan untuk menuntut peserta didik menerapkan ejaan, tanda baca, dan kaidah kebahasaan yang benar selama menulis. PUEBI online bisa diakses melalui link berikut https://puebi.js.org/ . PUEBI juga hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses offline.

Penggunaan KBII online maupun PUEBI online memudahkan baik pendidik maupun peserta didik dalam memahami kaidah kebahasaan Indonesia dengan mudah, tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Cara akses yang mudah menjadikan dua teknologi tersebut wajib dikenalkan pendidik kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis dengan baik dan benar.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun