Mohon tunggu...
Deswita Puji Astuti
Deswita Puji Astuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Puji Astuti

Banking Syariah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KSM-Tematik Unisma 2021, Sosialisasi Pemasaran Secara Digital untuk UMKM Kerajinan Tangan

20 September 2021   21:07 Diperbarui: 20 September 2021   21:18 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lombok Tengah- dampak pandemi covid-19 yang hingga kini belum usai membuat sebagian besar masyarakat mengalami penurunan secara finansial, salah satunya yaitu  para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah). 

Apalagi dengan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat para pelaku UMKM mengalami penurunan omset penjualan secara drastis.

Untuk itu,  mahasiswa KSM Tematik UNISMA Laela Lestari dan Deswita Puji Astuti dari kelompok 54 dengan DPL (Dosen pembimbing lapangan) Bapak Ahsani Taqwiem S.E M.E melakukan kegiatan sosialisasi Pemasaran Secara Digital Untuk Kerajinan tangan dari Rotan Di Desa Beleka sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis para pelaku UMKM. 

Sosialisasi ini dilakukan disalah satu UMKM yang ada di Desa Beleka  RT/RW 00/00 kecamatan Praya Timur Lombok Tengah, karena dengan adanya PPKM ini maka kegiatan sosialisasi dilakukan secara door to door untuk menghindari kerumunan demi mencegah penyebaran virus covid-19.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yaitu agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan media bisnis online seperti wa, facebook, IG, shopee dll sebagai sarana pengembangan bisnis dan diharapkan dengan penggunaan media sosial dapat meningkatkan perekonomian bagi para UMKM sekitar.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja KSM-Tematik UMKM mahasiswa Unisma, dengan adanya sosialisasi ini kami berharap dapat meningkatkan perekonomian bagi para UMKM diwilayah sekitar. 

“harapan kami nantinya untuk para umkm dapat lebih memanfaatkan media sosial dalam pengembangan bisnis mereka, karena pada era digital saat ini media sosial dapat berperan penting dalam pengembangan bisnis via online” jelasnya lagi.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan memberikan pengertian pentingnya pemasaran melalui media online berupa wa, facebook, Instagram,shopee, tokopedia dansebagainya. 

Selain itu juga memberikan contoh cara membuat akun media sosial serta memberi arahan dan pengertian pentingnya pemasaran melalui media online berupa wa, facebook, Instagram,shopee, tokopedia dansebagainya, selain itu juga memberikan contoh cara membuat akun media sosial serta memberi arahan dan pengertian bagaimana cara berjualan di shopee, tokopedia dll.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun