Mohon tunggu...
Wiri Handika
Wiri Handika Mohon Tunggu... Petani - Asli

Kalimantan barat, ketapang, simpang dua

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Manfaat Belimbing Wuluh, "Averrhoa bilimbi L"

17 September 2018   15:19 Diperbarui: 17 September 2018   15:23 490
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tahukah kalian,jika ternyata belimbing wuluh memiliki banyak kahasiat dan manfaat untuk kecantikan. Buah belimbing wuluh juga memiliki bentuk yang unik, bentuknya lonjong dan memiliki besar buah sevesar ibu jari, buah ini dapat di jadikan untuk perawatan kulit, bibir, dan bahkan juga bisa digunakan untuk program diet.

Belimbing wuluh juga merupakan hasil pertanian, belimbing wuluh juga mempunyaibnama latin yaitu "Averrhoa bilimbi L" meskipun banyak di temukan dan bahkan sering di konsumsi banyak masyarakat indonesia, namun masih banyak masyarakat yang kurang menyadari manfaat penting dari buah belimbing wuluh. Belimbing wuluh juga ternyata mwngandung begitu banyak nutrisi yang di perlukan tubuh, dianataranya adalah vitamin B dan C, zat besi, fostor, serat, dan anti oksidan. Nutrisi-nutrisi ini sangat bagus untuk kecantikan wajah dan kulit.

Manfaat belimbing wuluh adalah sebagai berikut:

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat pertama adalah untuk mencegah penuaan dini, ini sebabnya buah belimbing wuluh mengandung vitamin B dan C yang cukup untuk menangkal serangan radikal bebas. Nutrisi-nutrisi inilah yang berkerja sebagai zat antioksidan untuk menghalaukan serangan tersebut. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin yang ada pada buah belimbing wuluh ini mampu menyamarkan kerutan pada wajah anda. Dimana ini merupakan salah satu tanda terjadinya penuaan dini. Jadi,jika wajah kamu ingin awet muda anda bisa menggunakan buah belimbing wuluh.

2. Mengurangi wajah berminyak

Salah satu penyebab yang menjadikan wajah anda kusam dan timbul jerawat adalah minyak yang berlebihan pada wajah.belimbing wuluh dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah satu ini sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak yang berlebihan pada wajah.

3. Mengatasi panu pada tubuh

Panu adalah salah satu penyakit yang di sebabkan oleh jamur candida albicans. Hal ini cukup membahayakan. Akan tetapi penyakit ini juga bisa menular pada orang lain. Awal timbulnya panu adalah muncul Bercak-bercak putih. Jika ini terjadai pada bagian kulit luar yang terlihat dan tidak tertutup. Tentu itu akan membuat kepercayan diri anda berkurang. Maka dari itu cegalah sebelum menular dengan cara menggunakan buah belimbing wuluh yang dapat mengangkat penyakit kulit tersebut. Karena di dalam buah tersebut mengandung anti bakteri dan anti jamur. Jadi gunakan belimbing wuluh untuk mengatasi panu pada kulit. Cara penggunanannya juga cukup sederhana, ambilah satu atau dua (secukupnya) belimbing wuluh, kemudian tumbuk belimbing wuluh sampai halus lalu campurkan dengan kapur sirih. Jika sudah benar-benar menyatu, olehkan pada bagian kulit yang terkrna panu, diamkan hingga menggering, setelah itu bilaslah dengan air sampai bersih.

4. Menghilangkan komedo

Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel pada wajah. Cukup dengan menjadikannya sebagai masker wajah, maka komedo akan terangkat dengan sendirinya. Nutrisi belimbing wuluh yang masuk dan meresap akan menghilangkan komedo yang membandel dan mencegah untuk kembali. Jika ingin hasil yang optimal gunakan masker ini secara rutin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun