Mohon tunggu...
Ervan Iksan p
Ervan Iksan p Mohon Tunggu... Freelancer - PENULIS

UKSW

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan yang Berkualitas bagi Generasi Muda Indonesia

4 Februari 2020   14:40 Diperbarui: 4 Februari 2020   14:54 1040
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada jaman sekarang ini salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa indonesia yaitu minimnya atau rendahnya tingkat kualitas pendidikan pada setiap jenjang dan suatu pendidikan. Lebih khususnya pendidikan dasar dan menegah, berbagai usaha atau cara telah di lakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, misalnya itu pengembangan kurikulum nasional atau lokal.

Berbagai indicator kualitas pendidikan belum dapat menunjukan peningkatan kualitas pendidikan yang cukup menggembirakan. Kenyataannya pendidikan bukan suatu upaya yang sederhana melainkan kegiatan yang dinamis dan penuh tantangan, pendidikan selalu menjadi perhatian dan bahkan tak jarang menjadi sasaran ketidakpuasan karena pendidikan menyangkut kepentingan setiap orang.

Sekolah saat ini menjadi lembaga pendidikan yang merupahkan wadah atau tempat proses pendidikan dilakukan. Dalam kegiatan disekolah bukan hanya sekedar tempat berkumpul guru dan murid, oleh karena itu sekolah dipandang suatu organisasi yang membutuhkan pengelolaan. Dalam kegiatan ini sekolah dapat mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dapat di harapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi.

Sehingga lulusan sekolah diharapkan dapat memebrikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa maka sekolah sebagai institusi pendidikan yang mengharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, agar dapat menghasilkan hasil yang optimal.

Dengan demikian, sekolah sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan merupahkan yang memiliki sistem berbagai perangkat dan unsur yang berkaitan satu sama lain. Secara internal atau dalam sekolah memiliki prangkat guru, murid, kurikulum, sarana dan prasarana. Dan secara eksternal atau luar sekolah memiliki dan berhubungan dengan instansi lain baik secara vertical atau horizontal.

Dalam hal pendidikan sekolah memiliki stakeholder (pihak yang berkepentingan) antara lain guru, murid, masyarakat, pemerintah. Oleh karena itu sekolah memerlukan pengelolaan yang sangat akurat dan SDM yang berkualitas, dan agar dapat memeberikan hasil yang diinginkan, sesuai dengan kebutuhan semua pihak yang berkepentingan, untuk menjadikan murid-murid yang berkualitas dan dapat melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun