Mohon tunggu...
Ervan Iksan p
Ervan Iksan p Mohon Tunggu... Freelancer - PENULIS

UKSW

Selanjutnya

Tutup

Money

Melimpahnya Hasil Panen Padi Desa Wonoyoso Pringapus Dengan Jasa Petani Buruh

12 September 2018   20:34 Diperbarui: 15 September 2018   22:15 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Masa panen padi di wilayah Pringapus yang serentak dilakukan oleh warga sekitar atau petani di Desa Wonoyoso mulai di lakukan akhir September dengan hasil cukup melimpah di bandingkan masa tanam sebelumya.

Di lahan pertanian seluas 0,5 hektar yang di Tanami padi milik warga skitar atau petani mapu menghasilkan gabah seberat 4 ton. baerarti dalam 1 hektar capaian rata rata hasil panen tembus 8 ton.

Faktor lancarnya pasokan air irigasi tanah yang masih di manfaatkan oleh petani serta minimnya hama penyakit seprti tikus ,belalang,dll yang menyerang padi ,dan juga pengolahan tanah pemupukan dan pemeliharaan padi itu menjadi kunci melimpahnya hasil panen .

Panen melimpah ini umumnya di lakukan secara berkelompok oleh beberapa warga,kalau jaman dulu pemanenan padi dilakukan dengan pemetikan tangkai padi menggunkan ani ani ,tapi saat ini sudah berbeda  batangan rumpunan padi di pangkas dengan sabit  dan kemudian dengan tangan rangkaian rumpun padi di pukul pukulkan ke wadah bambu ,wadah yang berupa meja dari bambu yag di susun renggang ,dan  memungkinkan biji padi rontok dari tangkainya dan terkumpul di alas di bagian bawah meja ,dan rumpunn padi yang bersih ini berguna bagi para pertenak guna untuk makanan sapi.

Mungkin saat ini memanen padi sudah menggunakan tenaga modern seperti traktor .traktor ini bekerja dengan memotong tangkai  padi dan secara otomatis akan merontokan butiran padi di dalam ruangan traktor yang trsedia. namun hal ini sepertinya kurang tepat kalau di terapkan di desa kami ,karena pola mekanisasi dengan menggunakan traktor ini jalas bertentangan dengan system padat karya yang di perlakukan untuk member lapangan kerja bagi petani buruh ,dengan demikian system panen menggunakan petani buruh untuk memotong dan mengepyok rupun padi ,masih menjadi pilihan terbaik di desa kami, dan upah yang di dapat petani buruh tersebut adalah upah bagi hasil panen mislnya 8:2 atau sebanyak 8 kurang untk pemilik sawah dan 2 kurang untuk petani buruh.

Dan tidak kalah menariknya petani petani di desa kami memiliki tradisi unik yaitu wayang kulit ,tradisi ini di lakukan setiap selesai acara panen,dan tradisi ini merupakan symbol rasa syukur kami kepada sang maha pencipta Tuhan Yang Maha Esa. atas berkah dan karunianya yang telah melimpahkan hasil panen di desa kami. 

Semoga bermanfaat bagi temen temen semua, sekian dan terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun