Mohon tunggu...
Rizky Maulana
Rizky Maulana Mohon Tunggu... Insinyur - mahasiswa

agriculture'18 uksw salatiga

Selanjutnya

Tutup

Money

Membudidayakan Tanaman Lokal "Padi"

16 September 2018   18:23 Diperbarui: 16 September 2018   18:35 766
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MEMBUDIDAYAKAN dalam pertanian adalah kegiatan terancang atau pemeliharaan sumber daya hayati yang dikerjakan di suatu area atau lahan oleh seorang petani guna diambil hasil panennya.

Di negara besar seperti indonesia kita harus bersyukur karena tuhan yang maha esa memberikan Kekayaan alam beserta isinya untuk kelangsungan hidup masyarakat indonesia sendiri. Banyak sekali tanaman yang bikin kita kenyang dan bisa buat bertahan hidup di Indonesia walaupun masyarakat Indonesia sendiri masih banyak yang makan mie instan yang bahannya dari gandum.

Banyak sekali jenis tanaman lokal yang bisa digunakan masyarakat Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan kehidupnya. Seperti padi,jagung,sagu,buahbuahan,sayuran dan lain sebagainya. Untuk itu kita harus dan wajib menjaga dan memelihara jangan sampai rusak. Salah satunya dengan melakukan budidaya tanaman, khususnya 'padi' sebagai makanan pokok masyarakat indonesia.

Dan ironisnya walaupun Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia masih melakukan impor beras dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan beras, karena knyataannya produksi beras di indonesia terus meningkat dan belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat.

Bertanam padi biasanya hanya dijadikan pekerjaan sampingan oleh beberapa orang,sehingga ini membuat hasil panen tidak maksimal padahal jika dilakukan dengan serius, budidaya ini sangat mengutungkan. Metode budidaya padi sawah agar hasil panen melimpah para petani harus mengetahui cara bertanam yang benar selain itu, petani harus bersungguh sugguh membudidayakan tanaman ini.

Ini merupakan cara budidaya tanaman lokal 'padi' 

PENGELOLAAN TANAH  ,lahan bercocok tanam diolah untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai media tumbuh tanaman padi. Cara pertama yaitu membajak tanah ,gunanya adalah untuk memperkecil bongkahan tanah menjadi remah, meratakan campuran antara pasir tanah dan lainnya, mematikan rumput liar yang tumbuh ditanah.

Cara kedua yaitu menggaru , biasanya dilakukan setelah 1-2 minggu setelah pembajakan tanah. gunanya adalah untuk membentuk lapisan tanah menjadi rata agar tinggi permukaan air seragam di pertanaman dan membenamkan rumput rumput liar yang masih tersisa.

 SELEKSI BENIH  bahannya antara lain sbb: benih padi, telur ayam, garam,dan air secukupnya. Caranya, persiapkan air yang telah diisi garam sampai telur mengapung, kemudian dipakai untuk menseleksi benih. Carannya masukkan benih padi kedalam air bergaram tersebut, maka akan diperoleh kondisi benih tenggelam, melayang, dan mengapung.

Selain yang tenggelam jangan dipakai untuk benih, ambil benih yang tenggelam karena benih yang mengapung berarti benih tersebut gabuk/gaberisi, kemudian bilas dengan air bersih sesegera mungkin sampai tidak ada rasa garam lagi ketika dicicipi.

PERSEMAIAN  dilakukan dengan menyebar benih padi secara merata pada bendengan dengan kandungan air jenuh tetapi tidak menggenang. Dalam 3 atau 4 hari benih telah berkecambah. Bibit siap tanam pada kisaran 10-14 hari setelah penyebaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun