Mohon tunggu...
Yanuarius Melkior Agung Lopi
Yanuarius Melkior Agung Lopi Mohon Tunggu... Jurnalis - Ketapang, 06-01-2000

Belajar bukan semata-mata untuk pintar melainkan agar dapat berguna bagi sesama

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pelatihan Kelompok Tani dalam Menggunakan Alat Pemanen Jagung

11 April 2019   01:20 Diperbarui: 11 April 2019   01:51 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pelatihan Kelompok Tani Dalam Menggunakan Alat Pemanen Jagung Modern

"Mari menilik sejenak artikel tentang penggunaan mesin combine harvester sebagai alat pemanen jagung sekaligus penghemat biaya serta tenaga dari petani jagung."

Pada saat ini kita tahu bahwa para petani sangat membutuhkan teknologi yang dapat membantu mempermudah pengolahan hasil pertaniannya. Ada banyak sekali hasil pertanian di Indonesia salah satunya petani jagung, pertanian jagung di Indonesia saat ini harus bisa memenuhi permintaan konsumen yang begitu banyak sedangkan hasil produksi masih kurang optimal. 

Nah, kali ini petani jagung tidak perlu takut lagi dalam hal memanen hasil jagungnya karena sekarang sudah ada alat pemanen jagung yang lebih efisien dan dapat menghemat waktu para petani jagung.

Pada saat ini petani jagung dikenalkan dengan alat pemanen jagung yang dapat menghemat waktu dan biaya yaitu dengan menggunakan mesin combine harvester, petani jagung dapat memanen hasil jagungnya lebih singkat tanpa memakan banyak waktu sebab dengan mesin combine harvester petani bisa memanen jagung 2 karung jagung pipih basah seberat masing-masing 50 kg hanya dengan 15 menit saja. 

Wah kalau begini bukan tidak untung para petani jagung apabila menggunakan mesin combine harvester bisa meraup keuntungan yang lebih banyak dari semulanya mereka yang memanen menggunakan alat sederhana atau masih manual yang mungkin hasilnya tidak seberapa dengan tenaga yang dikeluarkan begitu besar bagi para petani 

 
Ada pun dengan menggunakan mesin combine harvester ini para petani jagung sangat dimudahkan dalam memanen selain membantu dalam hal memanen hasil jagung petani juga dimudahkan dalam menghemat biaya serta tenaga dalam memanen yang biasanya mereka memanen secara manual, tetapi mesin yang digunakan ini tidak dapat digunakan bagi para petani kecil karena cukup memakan biaya hal inilah yang membuat petani kecil kesulitan dalam menghasilkan hasil jagung mereka ke pasar.

Dari artikel yang telah dibuat ini dapat diketahui bahwa semua petani sangat membutuhkan teknologi yang dapat membantu melancarkan segala kegiatan produksi pertaniannya dan nantinya dapat menguntungkan bagi mereka juga. 

Adapun pada petani jagung harus bisa melihat peluang dari teknologi yang mereka gunakan sehingga bisa membantu hasil panen jagung dan mempermudah mereka dengan menghemat tenaga serta biaya yang harus dikeluarkan oleh para petani jagung. 

Dengan kemudahan teknologi yang dapat menunjang hasil produksi petani ini pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri terutama dapat memenuhi kebutuhan konsumen.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun