Sungguh sangat MEMALUKAN, MENJENGKELKAN dan MENGGEMASKAN masih saja suatu perusahaan BESAR seperti TELKOMSEL dan XL-AXIATA menjadi perusahaan maling dengan cara busuk seperti : 1. Memanfaatkan berbagai iklan yang mereka tampilkan dan sebenarnya sangat menjebak para konsumen lupa waktu atas ketentuan yang berlaku dari iklan mereka (para perusahaan Provider jahat), 2. Memanfaatkan berbagai jenis kalimat iklan yang maknanya tidak terlalu jelas tapi mengandung janji/iming-iming yang tidak akan bisa dicapai dan dijangkau seara akurat oleh para konsumen jasa telekomunikasi tersebut, 3. Memanfaatkan kemungkinan keteledoran para konsumen jasa telekomunkasi atas batas waktu ketentuan iklan sehingga para konsumen terkena jebakan mereka para perusahaan provider jahat , 4. Memanipulasi berbagai kalimat iklan yang isi dan maknanya sangat meragukan dan menjebak para konsumen yang tidak mengerti makna kalimat iklan yang disampaikan (seolah-olah gratis akan tetapi sangat menjebak), 5. Menggunakan berbagai iklan yang langsung masuk kepada setiap pelanggan HP Telkomsel dan XL-Axiata dengan memakai kalimat jebakan yang diawali kata GRATIS dan diikuti kalimat periode waktu GRATIS dalam batas yang tidak jelas. Salah satu contoh "Kalimat Iklan" pada XL Axiata. Begini iklannya : “Selamat Pagi! special untuk kamu GRATIS INTERNET 2,5 MB & jd 10X lipat di 3G jam 6-10 SETIAP PAGI s.d 2 Agustus. Kelebihan akses Rp.1/KB. Yuk internetan pake XL!” Iklan ini sangat menjebak kita semua pengguna XL atau juga pengguna Telkomsel dan lainnya para perusahaan Privider Jahat, JOROK si MALING PULSA. Pembahasan kalimat Iklan diatas : - Perhatikan "jam 6-10 SETIAP PAGI" interpretasi konsumen bisa dari jam 06.00 s/d jam 22.00. Maka disini konsumen akan terkena biaya Rp.1/KB. - Perhatikan "GRATIS INTERNET 2,5 MB", apabila konsumen memakai internet, maka pastilah dia akan terjebak dalam kelewatan batas 2,5 MB, dimana alat kontrol pada setiap HP tidak ada pemberitahuan batas pemakaian jumlah data dan batas waktu. Apalagi kecepatan akses data pada conection internet terkadang selalu lemot/lamban sekali.
Ternyata mereka dibalik logo ini, masih saja menjadi maling pulsa. Sumber : xl.co.id ; telkomsel.co.id
Kepada seluruh pelanggan kartu pra-bayar maupun pasca-bayar waspadalah tentang hal ini, karena kerugian dari kumulatif dari semua konsumen jasa telekomunikasi bisa mencapai ratusan Milyar rupiah per harinya. Apabila hal manipulasi maling pulsa dari para pelaku perusahaan provider masih saja berlangsung, hal ini adalah merupakan KORUPSI TERHADAP PARA KONSUMEN yang dilakukan Perusahaan Privider. Untuk menghindarinya, diperlukan PENGAWASAN YANG KETAT DARI PEMERINTAH untuk : 1. Setiap kalimat iklan yang akan dibuat oleh perusahaan provider seharusnya melalui seleksi dahulu melalui "KEMENKOMINFO-RI". Setelah itu barulah kalimat iklan itu bisa disampaikan, disebarkan kepada para konsumen, 2. Pada setiap perusahaan provider seharusnya ada penataran dari Pemerintah agar tidak membuat kalimat jebakan untuk iklan yang disebarkan kepada setiap konsumen. 3. Setiap perusahaan provider telekomunikasi seharusnya memiliki etika perusahaan yang baik agar tidak melakukan perbuatan jahat, penipuan, maling terhadap pulsa miliknya para konsumen jasa telekomunikasi. Hanya orang atau perusahaan tak ber-moral baiklah yang tega melakukan perbuatan maling, manipulasi pulsa bagi para pelanggannya yang harus dipelihara kesetiaannya. KASIH ITU ADA DISINI
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H