Kasus COVID-19 di Indonesia yang terus melonjak memberikan dampak yang cukup besar terhadap banyak bidang khusunya dalam bidang perekonomian. Dampak besar pada perekonomian Indonesia ini juga turut dirasakan oleh para pelaku UMKM.
Bisnis mereka yang mengalami penurunan sangat drastis akibat terjadinya wabah COVID-19 membuat mereka merasa kesulitan.Â
Penurunan yang dialami oleh para pelaku UMKM meliputi penurunan penghasilan rata -- rata, jumlah produksi dan juga kesulitan dalam melakukan perputaran modal serta penyediaan bahan baku.Â
Oleh sebab itu sangat dibutuhkan upaya untuk menghidupkan kembali UMKM yang hampir mati agar tetap bisa berjalan. Karena UMKM merupakan salah satu yang berpengaruh besar dalam menggerakkan roda perputaran ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja di Indonesia.
Sebagai bentuk pengabdian tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang memutuskan untuk melakukan pengabdian dengan menggandeng beberapa dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis PMM Mitra Dosen Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pengabdian dengan target sasaran UMKM yang berada di Dusun Jetak Lor yaitu pada usaha budidaya ikan lele yang dikenal dengan Lele RWSC.Â
Didampingi oleh Khusul Rofida Novianti.,S.Pd.,MM., Kenny Roz.,S.Kom.,MM dan Chalimatuz Sadiyah.,S.E.,MM selaku dosen pendamping mengawal kegiatan PMM ini. Tim PMM Mitra Dosen yang diketuai oleh Faisal Febrian merupakan bentuk program kerja yang dicanangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) sebagai bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat .
Adapun mitra UMKM dalam tim pengadian PMM ini adalah UMKM Lele RWSC. Upaya Tim PMM Mitra Dosen Universitas Muhammadiyah Malang untuk membantu mengembangkan UMKM tersebut meliputi pembuatan akun Instagram dan email untuk mengenalkan produk yang dijual oleh Lele RWSC, pembuatan plang baru sebagai penunjuk arah dari jalan utama menuju lokasi Lele RWSC, pembuatan sticker untuk kemasan produk Lele RWSC dan juga pembuatan banner dengan mencantumkan nomer Whatsapp, akun Instagram serta produk produk yang disediakan oleh Lele RWSC.
Harapannya dengan adanya pengabdian yang mengarah pada pengenalan sistem digital marketing ini dapat meningkatkan kesadaran UMKM bahwa pentingnya pengetahuan dan penerapan digital untuk kebutuhan usaha di era revolusi industi 4.0.Â
Dengan begitu produk -- produk mereka dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat, baik masyarakat yang ada di dalam daerah maupun dari luar daerah. (Fatih Raihan)