Mohon tunggu...
Alif Farhanudin
Alif Farhanudin Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Barista Kedai Mifeng Kopitiam Ijen

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bisnis Kopian Kota Malang yang Sukses Menghadapi Fenomena Ngopi Mahasiswa

29 Januari 2024   13:52 Diperbarui: 29 Januari 2024   13:54 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Camera Oppo Reno 5F/Dokpri

Kota malang adalah salah satu kota di jawa timur yang beberapa tahun terakhir menjadi rujukan para generasi muda untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Kejadian tersebut karena perguruan tinggi kota malang telah banyak yang meraih akreditasi unggul dan bahkan ada yang tercatat menjadi kampus islam terbaik dunia. Selain memiliki perguruan tinggi kota malang juga terkenal dengan kota wisata sehingga banyak sekali bisnis yang beroperasi di kota malang yang salah satunya adalah bisnis cafe.

Beberapa tahun terakhir bisnis cafe di kota malang sangat diminati khususnya bagi para mahasiswa, demikian karena cafe selain menjadi tempat menongkrong juga menjadi tempat para mahasiswa untuk melakukan rapat organisasi dan mengerjakan tugas kuliah. Fenomena tersebut telah menyebabkan persaingan bisnis cafe di kota malang meningkat, sehingga para pelaku bisnis cafe harus melakukan pembaharuan stategi pemasaran untuk bertahan, dan salah satu bisnis cafe yang dapat bertahan dan dapat meraih untung adalah kopi studio 24.

Kopi studio 24 adalah salah satu bisnis waralaba yang tidak sedikit di kota malang, cafe ini juga menjadi favorit para mahasiswa untuk menghabiskan waktu bersama teman serta melakukan tugas kuliah. Terjadinya hal tersebut karena strategi pemasaran yang diterapkan oleh kopi studio 24 kota malang berjalan dengan efektif. Secara umum inti dari pemasaran bisnis adalah Segmenting, Targeting, Positioning (STP), dan Product, Price, Place, Promotion (4P).

Kopi studio 24 kota malang dalam penerapan STP dan 4P beroperasi secara efektif, demikian karena dari segmentasi pasar di kota malang yang sangat bervarian, kopi studio 24 kota malang menargetkan para generasi muda yang suka dengan sesuatu yang simpel dan praktis. Pemposisian yang telah di lakukan adalah dengan membuat suasana toko yang minimalis serta memiliki fasilitas yang memadai untuk menghabiskan waktu lama seperti toilet, musholla, dan stopkontak.

Tidak hanya dengan pemposisian yang efektif kopi studio 24 kota malang juga bertempat stategis seperti dekat dengan pusat keramaian, dan dekat dengan perguruan tinggi atau pemukiman para mahasiswa, selain tempat harga dan kualitas yang ditawarkan kepada konsumen juga terjangkau sehingga sangat cocok dengan konsumen yang berpendapatan pas-pasan. Kegiatan promosi yang dilakukan kopi studio 24 kota malang juga menyesuaikan dengan target pasarnya yaitu generasi muda yang tidak lepas dari sosial media yang salah satunya adalah instagram.

Penjelasan diatas juga didukung dengan beberapa penelitian tentang pengaruh suasana toko, kualitas pelayanan, harga, lokasi, promosi, dan penggunanan sosial media instagram sebagai media promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di kopi studio 24 kota malang. Penelitian Astuti (2023) memiliki hasil bahwa suasana toko dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan kopi studio 24, penelitian Maimuna (2023) memiliki hasil bahwa media sosial marketing instagram dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di kopi studio 24 kota malang, dan penelitian Lokatama (2023) memiliki hasil bahwa kualitas pelayanan, lokasi, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di kopi studio 24 kota malang.

Kota malang selain memiliki suasana yang sejuk juga telah menjadi rujukan para generasi muda untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka, dan dengan fenomena yang terjadi dengan generasi muda yang banyak menghabiskan waktu di cafe menjadikan bisnis cafe sangat diminati khususnya di kalangan mahasiswa, salah satu bisnis kopi waralaba yang terkenal di kalangan mereka adalah kopi studio 24. Kopi studio 24 dalam mengaplikasikan strategi pemasaran yang meliputi STP dan 4P berjalan dengan efektif, sehingga dengan efektifitas strategi pemasaran tersebut menjelaskan bahwa kopi studio 24 banyak diminati oleh para masyarakat kota malang khususnya generasi muda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun