Mohon tunggu...
Alif Farhanudin
Alif Farhanudin Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Barista Kedai Mifeng Kopitiam Ijen

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Customer Journey: Dasar Untuk Menjadi Seorang Digital Marketing

18 Juli 2023   11:24 Diperbarui: 18 Juli 2023   11:28 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.freepik.com/free-photo/corporate-management-strategy-solution-branding-concept

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah memaksa bisnis untuk mengikuti perkembanganya dengan penanaman digitalisasi. Sehingga karena hal tersebut pekerjaan sebagai digital marketer sangat dicari. Selanjutnya sebagai digital marketing perlu untuk mempelajari dasar kenapa  mempelajari customer adalah penting.

Perjalanan konsumen atau customer journey adalah pondasi utama bagaimana digital marketer bekerja. Demikian karena selain marketing berorientasi pada perilaku konsumen, tools yang digunakan oleh digital marketer akan mengikutinya juga, yang salah satunya ada optimalisasi dari SEO (search engine optimation).

Dalam customer jounery terdapat 5 penjurusan sebagai komponen yaitu sebagai berikut:

  • Goals and value, yaitu tentang tujuan dan nilai apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
  • Sources information, yaitu media apa yang menjadi sumber informasi mereka.
  • Demographics, yaitu meliputi umur, pekerjaan, pemasukan, dan gender dari seorang konsumen.
  • Challenge and pain point, yaitu tentang kenapa konsumen membuat tujuanya. Sehingga menjadi problem-solving bagi mereka.
  • Objections, yaitu tentang kenapa konsumen membeli atau tidaknya produk atau jasa yang dijual.

Selanjutnya adalah bagaimana mengetahui customer journey yang ideal bagi bisnis. Dan disini terdapat 8 langkah dalam mengetahui perjalanan konsumen yaitu sebagai berikut:

  • Generating awareness, yaitu tentang bagaimana bisnis memberikan kesadaran produk atau jasa kepada konsumen.
  • Driving engagement,yaitu tentang bagaimana bisnis membuat keterkaitan antara bisnis dengan konsumen.
  • Building subcribers, yaitu tentang bagaimana bisnis membuat calon pelanggan.
  • Increasing conversion, yaitu tentang bagaimana bisnis mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan.
  • Building excitement, yaitu tentang bagaiman produk tersebut ternyata memang menjadi solusi dari masalah konsumen (bervalue).
  • Making the core offer sale and more, tentang bagaimana bisnis membuat konsumen melakukan repeat order.
  • Developing brand advocates, yaitu tentang bagaimana bisnis terus menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.
  • Growing brand promotors, yaitu tentang bagaimana konsumen merasa puas akan brand produk dan mulai menyebarkan nilai tersebut ke sekitar.

Digital marketer selain mencari tahu serta mengamati customer jouney, juga perlu untuk mengoptimalisasi bauran digital yang telah dibuat dan selanjutnya menghindari adanya kesalahan dengan mengulangi kembali dari langkah 1 sampai 5.

Referensi:

Deiss, Ryan, & Henebbery, Rush. (2020). Digital Marketing For Dummies, Second Edition. New Jersey: John Wiley & Sons.Inc

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun