Mohon tunggu...
Sita Iyatun
Sita Iyatun Mohon Tunggu... -

mahasiswa UNS

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Musik di SD

16 Desember 2010   02:37 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:41 2533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembelajaran music di sd

1.pada kelas 1

Pada kelas 1 kajian meliputi pulsa dan metrum (meter).Pulsa
berhubungan dengan ketukan yang teratur,berullang-ulang sebagai dasar music
(irama).Dengan demikian untuk satu caturwulan pendidikan music untuk anak kelas
1 hanya menekankan pada kebiasan mengungkapkan diri sendiri melalui bernyanyi
(suara)dengan gerak (irama:pulsa dan tempo) sederhana.

2.pada kelas II

Menekankan  pada unsure
irama(ritme) sebagai dasar dari musik.Pengembangn ritme dicaturwulan 1 dapat
dilakukan dengan gerak berpasangan dan pola irama.Gerak berpasangan digunakan
untuk meragakan bunyi pola irama (khusus pola irama rata)sebagai symbol panjang
pendek bunyi.Pada caturwulan 2 kajian tetap dilanjutkan dengan gerak berpasangn
berdasar pola irama bervariasi .Gerak dikembangkn sambil memainkan alat music
ritmis.Pada caturwulan 3 irama divariasikan dengan melodi dengan tetap
mengembangkan  gerak berpasangan
.Menyanyikan not do-re-mi,do-re-mi-fa -sol-la gerak berpasangan dengan posisi
berdiri sesuai iringan,manfaatkan pola lantai dengan iringan.

3.Pada kelas III

Pada pembelajaran dikelas 3 menekankan pengmbangan irama
terutama gerak,rasa,iama,akan tetapi mulai divariasi dengan melodi.Pada
caturwulan anak diacak membaca durasi ,pemahaman pembagian panjang pendek
not,dan menyanyikan lagu menggabungkan seni gerak ,ungakapan diri (ekspresi
terhadap isi lagu), dan irama (gerak disesuaikan irama lagu).

Pada caturwulan 2 melalui lagu model diharapkan anak mengenal
urutan notasi tinggi nada yang dimulai dengan mengenal nada menurut jarak
sambil bernyanyi.Urutan ini mulai menggunakan notasi music,misalnya dengan
garis paranada satu garis(Padmono,1995).

Pada caturwulan 3 pengembangan irama tetap diprioritaskan
pada seni gerak bentuk kelompok dengan meragakan pola irama dua dan tiga alat
musik ritmis yang berbeda,meragakan pola sinkop (tekanan yang
dipindahkan).Kreasi membuat music ansambel sambil bernyanyi ,penggabungan seni
gerak secara kelompok, serta seni gerak kelompok yang sudah terpola sesuai
iringan .

4. Pada kelas IV

Anak mulai merasakan gerak irama yang bagus ,pada caturwulan
ini anak berlatih nyanyi lagu berirama 6 melalui gerak ritmis anggota tubuh
(desaku)gerak kelompok  dengan berbagai
peralatan untuk menunjang irama.Pada caturwulan 2  penekanan pada melodi,khususnya tentang nada
sisipan dengan tanda kruis (#),mol (b),dan pugar.Caturwulan 3 anak mulai
dikenalkan interval,ciri interval dalam 1 oktaf melalui pengamalan.Anak - anak
harus didorong mndengar dan menyanyikannya .latihan interval dapat dikelompokkkan
:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun