Mohon tunggu...
Amrullah Usemahu
Amrullah Usemahu Mohon Tunggu... -

KUASAI LAUT - KUASAI DUNIA\r\n" Terus Berkarya Demi Perikanan Jaya"

Selanjutnya

Tutup

Nature

Kepala BNPB Membangkitkan Semangat Jaga Alam di Musrembang Provinsi Maluku Tahun 2019

9 April 2019   16:01 Diperbarui: 9 April 2019   16:50 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menjadi Narasumber pada Musrembang Provinsi Maluku tahun 2019 yang bertempat di Islamic center Ambon. Musrembang Provinsi Maluku ini dihadiri oleh Bupati/Walikota se - Provinsi Maluku beserta organisasi perangkat daerah terkait. dalam pemaparannya Doni mengingatkan Pentingnya kita menjaga alam yang nantinya akan berdampak positif bagi kehidupan manusia, Mantan Pangdam XVI Pattimura serasa bernostalgia kembali karena kembali menginjakan kakinya di Kota Ambon Manise (9/4)

Selain itu Doni mengingatkan agar masyarakat Maluku lebih peka terhadap kondisi alam sekitar, apalagi potensi kekayaan alam Maluku itu sangat besar dan berlimpahruah kiranya dapat dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat. pengelolaan potensi tersebut pun harus dilakukan secara ramah lingkungan demi kelestarian sumberdaya alam yang ada.

Foto: dokpri
Foto: dokpri

"Laut harus dijaga, jangan kemudian kita membuang sampah sembarangan, saluran air harus diperhatikan dengan baik, selain itu pula kegiatan penanaman pohon pun harus terus dilakukan, karena dengan banyaknya pepohonan  khususnya di wilayah pesisir dapat membantu meredam kuatnya gelombang  disaat terjadinya tsunami dan ini merupakan bagian dari kegiatan mitigasi pesisir" kata Doni

Foto: dokpri
Foto: dokpri

Selama bertugas di Maluku, Doni menggagas kegiatan pembibitan dan penanaman pohon dengan target satu juta pohon . bibit pohon yang ada dibagikan secara gratis ke masyarakat untuk ditanam. sampai sekarang pun program pembibitan ini masih dilakukan dan bekerjasama dengan yayasan Budiasih yang juga merupakan binaan mantan Danjen Kopassus tersebut,  bibit kemudian dibagi ke pelosok nusantara lainnya. Doni berharap dengan Tagline Kita Jaga Alam dan Alam Jaga Kita   akan menjadi spirit baru bagi seluruh masyarakat Maluku dalam melestarikan dan menjaga  alam sekitar.

Foto: dokpri
Foto: dokpri

Ada yang menarik di area pelaksanaan Musrembang Provinsi Maluku kali ini yakni ditampilkannya Potensi Emas Biru (Ikan dan Lobster) dan Emas Hijau (Bibit Pohon) serta produk hasil dari Emas biru maupun emas hijau yang telah berada dalam kemasan. stand pameran ini menjadi perhatian peserta yang menghadiri kegiatan Musrembang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun