Halo Sahabat Kompasiana!!!!!
Kita tentunya sudah mengetahui bahwa leadership (kepemimpinan) sangat di butuhkan dalam organisasi.Mengapa demikian? Simak penjelasannya dibawah ini!!!
    Setiap unit terkecil dalam organisasi tentunya membutuhkan fungsi kepemimpinan. Baik itu perusahaan, organisasi, kelompok, maupun bagian terkecil seperti keluarga.Â
    Kepemimpinan juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam dunia bisnis ataupun organisasi. Kepemimpinan merupakan kualitas yang dapat dimiliki oleh tiap individu dalam berbagai bidang maupun tingkatan.Â
   Kepemimpinan berasal dari kata dasar "pimpin" yang mempunyai arti mengarahkan, membina, menuntun, atau mempengaruhi.Â
Apakah pemimpin dan kepemimpinan merupakan hal yang berbeda?Â
   Jawabannya adalah ya.Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pemimpin merupakan individu yang mempunyai wewenang formal dalam suatu organisasi atau dunia bisnis. Sehingga pemimpin terkadang ditunjuk atau dipercaya untuk memegang posisi tertentu dalam dunia bisnis ataupun organisasi. Seorang pemimpin bisa saja diangkat atau dilantik.Â
   Sedangkan kepemimpinan merupakan peran yang dapat diadopsi oleh siapapun, terlepas dari pangkat atau status mereka dalam hierarki organisasi atau dunia bisnis. Akan tetapi, kepemimpinan sebenarnya merupakan atribut yang dapat dimiliki oleh individu melalui pengakuan, pengembangan dan juga pembelajaran.Â
     Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan individu untuk mempengaruhi dan menginspirasi orang lain untuk tujuan tertentu.Kepemimpinan bukan hanya tentang memiliki jabatan, akan tetapi lebih mendominasi pada kemampuan untuk memotivasi, mengarahkan dan mempengaruhi orang lain.Â
Lalu, mengapa kepemimpinan masih diperlukan padahal organisasi telah tertata dengan baik?
Di bawah ini merupakan 3 alasan mengapa kepemimpinan masih diperlukan:Â