Mohon tunggu...
Madin
Madin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Penyuka bubur kacang hijau, wartawan, penulis, fotografer, peminat travelling dalam rangka menyaksikan kebesaran Allah SWT, Motto : Menulis untuk berbagi. Berucap, bertindak dan berbuat sesuatu yang bisa memberi manfaat kepada orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Dewan Pers Jadi Pemateri Dikdas Jurnalistik Identitas Unhas

22 Maret 2014   13:26 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:38 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

[caption id="" align="aligncenter" width="576" caption="Suasana workshop jurnalistik yang penulis abadikan"][/caption]

Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers, Muhammad Ridlo Eisy menjadi pemateri Diklat Dasar (Dikdas) Jurnalistik Identitas Universitas Hasanudin (Unhas) yang ke-40. Pelatihan berlangsung pada Jumat (21/3/2014) dan Insya Allah akan berlangsung hingga Minggu (23/3/2014). Pelatihan mengambil tempat di Gedung LEC Athirah, Antang, Manggala, Makassar.

Dalam pemaparannya, Ridlo Eisy, menyampaikan pentingnya etika dalam dunia kewartawanan. “Kita mendapat ajaran sopan santun dari orang tua. Jika dalam pemberitaan, kita selalu mengedepankan etika, maka kita akan terhindar dari “bencana,”tutur bapak yang bersuku Sunda itu.

[caption id="" align="aligncenter" width="576" caption="Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers, M. Ridlo Eisy sedang membawakan materi pada dikdas jurnalistik identitas Unhas"][/caption]

Peserta diklat mencapai 56 orang dari berbagai lembaga dan kampus di Sulsel. Mulai dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar (UNM), Unismuh Makassar dan Stimed Nusa Palapa. Tak ketinggalan, Kodam VII Wirabuana juga mengirimkan utusannya.

Beberapa wartawan media cetak dan elektronik akan menjadi pemateri dalam workshop ini. Diantaranya, Tribun Timur, Fajar, Tempo Makassar, TV One Makassar, Celebes Online dan Detik.com.

[caption id="" align="aligncenter" width="576" caption="Dalam mencari, mengolah hingga memuat berita, wartawan harus mengerti kode etik jurnalistik"][/caption]

Pada hari terakhir pelatihan (Minggu, 23/3), peserta rencananya akan dibimbing untuk terjun langsung ke lapangan. Peserta diajak untuk mencari berita lalu menuliskannya menjadi berita yang menarik untuk dibaca.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun