Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar program Pemberdayaan Masyarakat dari Mahasiswa (PMM) Â Bhaktiku Negeri Kelompok 58 dengan penuh semangat di kelurahan Mojolangu, tepatnya di Balai RW 04. Dengan tema yang bertajuk "Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan daya saing para pelaku UMKM melalui pendekatan fotografi dan web marketing.Â
Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini sekaligus untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang
Dimulai sejak 17 Juli hingga 18 Agustus 2023, program ini menjadi wujud nyata kolaborasi aktif antara mahasiswa dan masyarakat dalam menghadirkan perubahan positif dan memajukan sektor UMKM yang ada di Kelurahan Mojolangu. "Tujuan utamanya ya kami ingin UMKM masyarakat ini dapat bersaing dengan usaha yang maju dalam hal modernisasi". Ujar Muhammad Alfan Dwiaji, selaku ketua koordinator dari kegiatan ini.Â
Mereka melihat potensi produk-produk dari UMKM tidak kalah jauh dengan usaha-usaha yang besar bahkan sebenarnya sangat bisa menyaingi. Dengan keinginan untuk mendukung pemberdayaan UMKM masyarkat RW 04 Kelurahan Mojolangu, program ini mengarahkan para pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform online seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp sebagai sarana efektif dalam memasarkan produk mereka. Untuk meningkatkan konten visualisasi yang menarik, tim fotografer handal turut andil, yang tidak lain adalah teman seangkatan mahasiswa dari masa SMA dari ketua koordinator untuk memberikan materi perihal fotografi. Nantinya, juga terdapat lomba fotografi untuk membangun semangat belajar dari para masyarakat dan akan ada reward bagi pemenang.Â
Antusiasme para pelaku UMKM di RW 04 Kelurahan Mojolangu terhadap program ini begitu tinggi. "Kami terima kasih juga terhadap para mahasiswa UMM atas bimbingannya mengenai materi-materi yang disampaikan kepada warga kami RW 04." Ujar Erni Castiah, selaku Ketua RW 04 Kelurahan Mojolangu. Â Para pelaku UMKM baru menyadari betapa efektifnya memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk-produk mereka. Program ini telah membuka mata mereka akan potensi yang dimiliki platforms online, dan mereka bersemangat untuk memanfaatkannya guna meningkatkan pemasaran produk serta penjualan UMKM mereka.
"Harapan saya sebenarnya hanya ingin membangun UMKM agar bisa menyaingi usaha-usaha besar lainnya, toh sebenarnya mereka mempunyai nilai produk yang sama, malah terkadang lebih baik, cuma mungkin kalah di sektor modal dan pemasaran" Ujar Muhammad Alfan Dwiaji.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H