Di era globalisasi sekarang perdagangan merupakan suatu hal yang sangat familiar. Jarak dan batas tidak lagi menjadi penghalang, di tambah lagi adanya teknologi transformasi dan komunikasi yang semakin canggih, membuat perkembangan perdagangan internasional dapat terlihat jelas di Indonesia sekarang melalui maraknya produk impor dalam negeri.Â
Perdagangan Internasional ini memunculkan pasar persaingan baru di mancanegara serta dapat memicu lahirnya budaya konsumtif pada suatu brand produk. Masyarakat akan cenderung memilih barang dari luar negeri yang murah dan berkualitas baik dibanding produk dalam negeri. Hal ini dapat terjadi karena produk yang di hasilkan oleh negara lain lebih efisien dalam faktor produksinya, bahan baku lebih melimpah, kualitas buruh lebih murah, dan terampil.Â
Sebagai warga negara Indonesia kita harus menjaga persatuan dan kesatuan negara baik dalam bidang ekonomi sekalipun. Kita sebagai warga negara harus bisa mengembangkan bakat dan potensi yang kita miliki, contohnya berkreasi dalam suatu produk agar produk yang dibuat dalam negeri tidak dilihat sebelah mata oleh negara lain dan meningkatkan minat masyarakat dalam membeli produk luar negeri.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H