Mohon tunggu...
Nadia Ayu Salsabila
Nadia Ayu Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka membaca novel Tere Liye (Bumi Series)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manfaat P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam Kurikulum Merdeka

17 Desember 2023   14:30 Diperbarui: 17 Desember 2023   14:30 1120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan suatu pendekatan proyek yang dirancang untuk memperkuat dan mengintensifkan profil pelajar Pancasila. Pendekatan ini dirancang secara hati-hati untuk memberikan dampak yang maksimal pada pengembangan karakter dan kreativitas siswa. Dalam implementasinya, P5 memberikan keleluasaan kepada siswa/siswi untuk belajar dalam suatu lingkungan yang lebih formal, dengan struktur pembelajaran yang disesuaikan agar lebih fleksibel. Melalui penyelarasan waktu pembelajaran, sekolah mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan siswa, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan sesuai dengan karakteristik individu peserta didik.

Bagi siswa, ada banyak manfaat dalam kegiatan ini, antara lain:

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Implementasi kegiatan P5 mampu merangsang perkembangan tingkat percaya diri siswa dalam berkarya, sekaligus menjadi wahana peningkatan potensi diri dan pemaparan minat serta bakat siswa dalam berbagai bidang. Dalam konteks pelaksanaannya, guru memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai fasilitator yang mendukung dan memandu siswa selama proses kegiatan P5.

  • Tempat penyaluran hobi

Selain itu siswa dapat mengoptimalkan potensi hobi dan kompetensi pribadinya, sehingga dapat memberikan manfaat yang nyata dalam pemahaman materi pengenalan berdasarkan latihan individu melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali siswa dengan keterampilan hidup yang tidak hanya membantu mereka dalam proses belajar, tetapi juga memperkuat jati diri bangsa.

  • Mengembangkan minat siswa

Kegiatan P5 dapat dianggap sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi, mengingat dalam pelaksanaannya siswa memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan yang mereka miliki. Hal ini merupakan suatu strategi yang efektif untuk membangun dan mengembangkan minat siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan individu.

  • Siswa terlibat aktif antar sesama

Kegiatan P5 memberikan dampak positif pada tingkat partisipasi siswa, karena mereka terlibat secara aktif dalam berbagai aspek projek. Siswa tidak hanya sekadar menjalankan tugas, tetapi juga melakukan diskusi intensif dengan teman-teman mereka tentang ide, pandangan, dan proyek yang akan mereka tunjukkan. Melalui interaksi ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi, kerja sama tim, dan pemecahan masalah secara bersama-sama, yang semuanya merupakan elemen kunci dalam perkembangan pribadi dan sosial siswa.

  • Wadah perkembangan karakter

Rachmawati, N., A. Marini, dalam penelitiannya pada tahun 2022, menjelaskan betapa pentingnya kegiatan P5 sebagai suatu wadah yang memfasilitasi perkembangan karakter dan kreativitas siswa dalam konteks pendidikan Pancasila. Sebagai suatu pendekatan inovatif, P5 diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap pembentukan generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga memiliki nilai-nilai kebangsaan dan kreativitas yang tinggi.

Jadi, P5 merupakan pendekatan proyek yang dirancang dengan cermat untuk memperkuat profil pelajar Pancasila, dengan fokus pada pengembangan karakter dan kreativitas siswa. Implementasinya memberikan keleluasaan kepada siswa untuk belajar dalam lingkungan formal yang lebih fleksibel, disesuaikan dengan kebutuhan individu. Manfaatnya bagi siswa meliputi peningkatan percaya diri, penyaluran hobi, pengembangan minat, keterlibatan aktif antar sesama, dan sebagai wadah untuk perkembangan karakter.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun