Mohon tunggu...
Dini KhoirulAkhir
Dini KhoirulAkhir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Spread your wings and fly high!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Isak Tangis Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok 14 dengan Para Guru

27 Februari 2022   08:00 Diperbarui: 9 Maret 2022   14:06 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Pasangan (19/02/2022) selama kurang lebih 1 bulan setengah, mahasiswa KKN kelompok 14 UIN Walisongo Semarang telah melakukan pengabdian dengan beragam program kerja di Desa Pasangan Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa KKN kelompok 14 tersebut, salah satunya ialah acara perpisahan antara kelompok KKN kelompok 14 dengan siswa dan para guru di SDN Pasangan 01, dan SDN Pasangan 02. Seperti yang dilakukan oleh Iasya Yoga Alfarizi dan anggota kelompoknya yang mengadakan acara perpisahan dengan memberikan kenang -- kenangan berupa tong sampah sebanyak 3 buah, dan MMT atau banner pencegahan covid-19 dengan 5 M.

Tujuan diberikan tong sampah tersebut agar siswa -- siswi dapat menerapkan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan, pemberian MMT atau banner pencegahan covid-19 dengan 5 M, agar semua masyarakat yang berada di lingkungan sekolah dapat menerapkan 5 M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Membatasi mobilitas.

Rangkaian acara perpisahan tersebut di hadiri oleh jajaran para guru dan mahasiswa KKN kelompok 14, acara tersebut tidak di hadiri oleh para siswa -- siswi karena, kondisi pandemi covid-19 sehingga melakukan perpisahan secara privat dan dilakukan setelah pembelajaran selesai.

Iasya Yoga Alfarizi selaku koordinator KKN kelompok 14 memberikan sambutan "saya ucapkan banyak -- banyak terimakasih atas dukungan dan kerjasama dalam pelaksanaan program kerja kami, dan saya mewakili teman -- teman semua mengucapkan banyak permohonan maaf yang sebesar -- besar atas kesalahan dan kekurangan yang lakukan selama mengajar di sekolah ini" sambutan tersebut mendapatkan respon yang sangat positif.

"Saya mengucapkan terimakasih dan semoga menjadi penurus bangsa yang memiliki rasa semnagat tinggi" ujar Sri Hartati, selaku guru di SDN Pasangan 01 pengganti kepala sekolah yang berhalangan hadir karena kondisi yang tidak memungkin untuk bisa hadir dalam acara perpisahan tersebut. Berbeda dengan SDN pasangan 02 "dengan hadirnya teman -- teman KKN dari Universitas Islam Negeri walisongo Seamarang, saya mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan tenaga pengajar di sekolah kami, semoga kita dapat bertemu dilain kesempatan" tutur Agus selaku kepala sekolah SDN Pasangan 02.

Walaupun dengan pertemuan singkat dan terkendala virus ccovid-19 hubungan mhasiswa KKN kelompok 14 dengan guru dan siswa -- siswi terjalin dengan baik. Sehingga, perpisahan mahasiswa KKN ini di sambut dengan isak tangis dari beberapa siswa. "Pasti saya akan merindukan mereka" pungkas chika siswa kelas 5 SDN Pasangan 02.

Ditulis oleh: Aisyatul Isnaini dan Arini Suvi Layla RA

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun