Mohon tunggu...
23nazilaumrotullaily
23nazilaumrotullaily Mohon Tunggu... Lainnya - UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

PENDIDIKAN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggali Nilai-Nilai Pancasila: Kontribusi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Identitas Mahasiswa

24 November 2024   22:00 Diperbarui: 24 November 2024   22:00 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mata kuliah pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah wajib umum (MKWU) dijenjang pendidikan tinggi yaitu pada tingkat sarjana dengan bobot sebanyak 2 SKS, diwajibkannya mata kuliah ini untuk dapat dilaksakan disemua perguruan tinggi hal ini dikarenakan pendidikan Pancasila memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Pelaksanaan Mata Kuliah Pendidikan Pancasila ini sendiri mengacu pada kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dengan tujuan menjadikan mahasiswa yang memiliki karakter bangsa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila-sila Pancasila, peran penting mata kuliah pendidikan Pancasila tidak hanya dilaksanakan pada ranah kompetensi kognitif saja tetapi secara menyeluruh baik dari segi kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor, hal ini sebagaimana terdapat dalam rencana pembelajaran semester (RPS) yang menekankan pada capaian pembelajaran mata kuliah tersebut baik dari capaian pengetahuan, capaian sikap, dan capaian keterampilan.

Selain itu juga menekankan pada kompetensi inti mata kuliah yang terdiri dari sikap spiritual, sikap sosial, Pengetahuan, Keterampilan. Kompetensi inti tersebut akan memiliki indikator sebagai bentuk dari kompetensi dasar, hal tersebut sesuai dengan esensi tujuan pendidikan nasional yang terdapat dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003, Tujuan Dikti Undang-Undang No.12 Tahun 2012, KKNI Permendikbud No.73 Tahun 2013, dan Permendikbud No.49 Tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi. Hal ini bertujuan untuk dapat mencapai sasaran kompetensi secara menyluruh dalam mata kuliah pendidikan Pancasila.

Peran yang pertama dari mata kuliah Pendidikan Pancasila dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yaitu melalui proses perkuliahan, dengan menekankan pada ranah pengetahuan atau kognitif, dalam pengetahuan ini sendiri mahasiswa diajarkan materi-materi yang terdapat dalam rencana pembelajaran semester (RPS) yaitu terdiri dari:

a. Landasan Tentang Pendidikan Pancasila

       Bagaimana latar bekang pendidikan Pancasila itu sendiri, baik dari segi urgensi, sumber historis, sosiologis politik, tantangan pendidikan Pancasila, esensi dan urgensi pendidikan Pancasila.

b. Kajian Pancasila Berdasarkan Arus Sejarah Bangsa Indonesia.

       Bagaimana Pancasilaberdasarkan arus sejarah bangsa yang didalammya membahas tentang, urgensi, sumber historis, sosiologis, politis, dinamaka, tantangan, esensi dan urgensi, kesemuanya itu berkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia, maksud inti dari pembahasan ini menekankan pada Pancasila yang berkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia.

c. Pancasila Sebagai Dasar Negara

       Konsep negara beserta tujuan dan urgensi dari dasar negara, membahas kajian bagaimana Pancasila sebagai dasar negara, membahas sumber yuridis histori sosiologis politis tentang bagaimana Pancasila sebagai dasar negara, membahas dinamika tantangan Pancasila sebagai dasar negara, dan membahas tentang esensi urgensi pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, inti dari pembahasan ini menekankan bagaimana Pancasila sebagai dasar negara, dan urgensi Pancasila sebagai dasar negara.

d. Pancasila Merupakan Ideologi Negara.

       Konsep urgensi Pancasila sebagai ideologi negara, kajian tentang perlunya Pancasila sebagai  ideologi negara, sumber historis sosiologis politis Pancasila sebagai ideologi negara. dinamika tantang Pancasila sebagai ideolgi negara, esensi urgensi Pancasila sebagi ideologi negara, inti dari kemuanya pembehasan ini menekankan pada bagaimana peran ideologi sebagai arahan tentang moral dalam berkhidupan di sosial masyarakat, berbangsa dan bernegara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun