Mazda RX-7 FD adalah salah satu ikon dalam dunia mobil sport, yang diproduksi oleh produsen Jepang, Mazda, antara tahun 1992 dan 2002. Mobil ini mendapatkan banyak penggemar karena kombinasi desain yang memikat dan teknologi mesin rotary yang inovatif dan memiliki suara yang lebih melengking di putaran tinggi.
Salah satu hal paling mencolok dari Mazda RX-7 FD adalah penggunaan mesin rotary. Mesin rotary adalah jenis mesin yang sangat berbeda dengan mesin konvensional yang menggunakan piston. Mesin rotary bekerja dengan menggunakan rotor berputar untuk menghasilkan tenaga. Hal ini memberikan keunggulan dalam hal berat mesin yang ringan, ukuran yang kompak, dan kemampuan untuk mencapai putaran tinggi yang tinggi. RX-7 FD dilengkapi dengan mesin twin-turbo yang membuatnya sangat kuat dan responsif. namun sayangnya penggunaan mesin rotary sudah tidak diproduksi lagi karena boros dan menghasilkan terlalu banyak emisi.
Selain performa mesinnya, RX-7 FD juga dikenal karena desainnya yang khas. Mobil ini memiliki bodi yang aerodinamis dengan lampu pop-up yang ikonik. Garis-garis bodinya yang halus memberikan kesan elegan dan sporty, dan meskipun sudah berusia, RX-7 FD masih tetap terlihat modern. Interiornya juga didesain dengan baik, menawarkan kenyamanan dan kontrol yang baik kepada pengemudi. Desain RX-7 pun menarik banyak kalangan anak muda di dunia otomotif karena banyak opsi untuk modifikasi.
RX-7 FD menawarkan manuverabilitas yang luar biasa, dengan bobot yang seimbang dan pengaturan suspensi yang baik. Sistem penggerak roda belakang (rear-wheel drive) membuatnya sangat menyenangkan untuk dikendarai di trek balap maupun di jalan raya. Pengemudi dapat dengan mudah mengendalikan mobil ini di tikungan-tikungan tajam. Performa mesin dan manuverabilitas membuat mazda RX-7 banyak digunakan di motorsport drifting dan balapan mobil sport lainnya.
Meskipun RX-7 FD memiliki banyak kelebihan, terdapat beberapa masalah yang perlu diperhatikan. Salah satu masalah utama adalah ketahanan mesin rotary yang terbatas. Mesin rotary cenderung memiliki umur pakai yang lebih pendek daripada mesin konvensional dan memerlukan perawatan yang cermat. Penggantian segel mesin dan komponen lainnya bisa menjadi mahal. Selain itu konsumsi bahan bakar yang boros membuat mobil dengan mesin rotary sudah kurang diminati pada zaman sekarang.
Mazda RX-7 FD adalah mobil sport yang ikonik dan menarik perhatian para penggemar mobil dari seluruh dunia. Dengan desainnya yang khas, mesin rotary yang kuat, dan manuverabilitas yang luar biasa, RX-7 FD tetap menjadi salah satu mobil sport klasik yang paling dicari oleh para kolektor dan penggemar mobil sport. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, ketika dirawat dengan baik, RX-7 FD masih mampu memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H