Mohon tunggu...
efyd
efyd Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Peminat Sastra Inggris\r\nPernah tinggal di Bandung, Kudus, Situbondo, Pekanbaru, Bintan, Batam\r\nKembali berdomisili di Padang pada awal 2012\r\nBlog pribadiku :http://belajar-mengatur-uang.blogspot.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Keuntungan Saya Mengidap Penyakit Asma

10 Juni 2011   09:36 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:40 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menurut saya pribadi, ini sebenarnya bukan penyakit yang disebabkan virus atau bakteri (bukan penyakit infeksi). Hanya reaksi sensitif tubuh pengidapnya terhadap pencetus sesak nafas yang notabene tidak menular ini. Namun jika pencetusnya dianggap remeh, bisa berakibat serangan sesak nafas datang secara tiba-tiba bahkan fatal. Lalu, di mana keuntungannya menjadi penderita asma? Keuntungan yang dimaksud merupakan efek positif yang diterima penderita jika ybs menyadari dan mengetahui pencetus asma, yakni dengan cara:

  1. Meminimalisir konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan MSG, pengawet, zat pewarna dan zat tambahan pada makanan yang berlebihan. Sekaligus mencegah penderita asma akan efek samping yang lebih jauh, misalnya kanker, tumor, dan efek lainnya.
  2. Membersihkan rumah terutama kamar tidur dari debu. Debu rumah adalah pencetus asma, sekaligus berbudaya hidup bersih.
  3. Tidak membiarkan dirinya mengalami kelelahan atau stres, selalu berpikir positif, jika tidak maka serangan asma bisa datang mendadak.
  4. Olahraga yang terbaik adalah renang, jogging/ jalan pagi, dan bersepeda. Tidak perlu mahal-mahal, asma bisa dibendung, sekaligus memaksimalkan kesehatan tubuh secara umum.
  5. Mengurangi makanan yang tinggi zat getahnya semisal ketan, sukun dan nangka. Sekaligus mencegah kembung.
  6. Es dan minuman dingin termasuk musuh penderita asma. Dengan mengurangi dan menghindari konsumsinya pada musim panas, penderita terhindar dari bersin dan demam yang biasanya menyerang mereka yang gemar minum minuman dingin ketika cuaca panas.
  7. Terhindar dari zat racun yang berasal dari rokok, karena memang para pengidap asma sebaiknya menghindari rokok. Kalau saya pribadi masih merokok, hanya saja pada tempat dan waktu yang tepat. Tempat yang tepat adalah di mana udara sangat bersih (biasanya pegunungan dengan hutan yang lebat, atau wilayah yang jauh dari polusi udara). Waktu yang tepat maksudnya jika waktu itu ada dana untuk beli rokok hahaha....Nasehat saya lebih baik dana untuk rokok digunakan saja beli buku atau biaya online.

Demikianlah keuntungan-keuntungan yang diraih oleh penderita asma, yang merupakan hal-hal yang harus dilakukan atau dihindari, yang memberikan efek positif dalam bentuk lain. Kesimpulan ini saya ambil berdasarkan pengalaman pribadi sebagai penderita asma. Sexy :SI CANTIK YANG BERISIK [caption id="attachment_115532" align="aligncenter" width="300" caption="sumber : efriyaldi.blogspot.com"][/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun