Mohon tunggu...
efyd
efyd Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Peminat Sastra Inggris\r\nPernah tinggal di Bandung, Kudus, Situbondo, Pekanbaru, Bintan, Batam\r\nKembali berdomisili di Padang pada awal 2012\r\nBlog pribadiku :http://belajar-mengatur-uang.blogspot.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Politik

Sekondan Terkuat

2 Desember 2010   14:59 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:05 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
12913018941129359063

[caption id="attachment_78225" align="alignnone" width="470" caption="Sang Juara pasti dikelilingi para sekondan"][/caption]

Istilah sekondan biasanya ramai menghiasi media saat berlangsungnya Kejuaraan Dunia Catur. Sekondan adalah para Grand Master terpilih untuk mendampingi para pemain yang bertarung merebut atau mempertahankan suatu Kejuaraan Internasional, utamanya Kejuaraan Dunia.

Dalam Kejuaraan Dunia Catur, sekondan biasanya 3 sampai 6 orang untuk masing-masing pemain. Mereka bertugas merencanakan dan merekomendasikan suatu bentuk Pembukaan yang paling tepat akan dimainkan oleh pemain. Mereka merencanakan langkah-langkah terbaik yang harus dijalankan. Mereka merancang tipe permainan apakah strategis seperti jaring laba-laba atau taktis dengan perang terbuka.

Sekondan merancang langkah pancingan untuk membongkar maksud tersembunyi dari langkah-langkah lawan. Membuat langkah mengejutkan untuk membuat lawan bingung. Menciptakan medan perang baru untuk mengalihkan perhatian lawan. Membantu memperlihatkan titik lemah lawan kepada pemain. Sekondan mengusulkan “hadiah” ( gambit ) kepada lawan,yang sebenarnya adalah jebakan dan justru menambah ruang dominasi bagi pemain yang dibelanya.

Sekondan juga merancang manuver bagi perwira berat untuk mengepung Raja lawan. Merancang pergerakan prajurit ke jantung pertahanan lawan. Membantu proses kelahiran Kuda Troya yang kelak mencabik-cabik pertahanan lawan. Sekondan merancang serangan kombinasi untuk kepastian kemenangan.

Sekondan tak akan membiarkan pemain yang dibelanya terdesak, mereka mati-matian membalikkan keadaan untuk kemudian mengambil alih dominasi. Sekondan memastikan pemain selalu dalam posisi unggul dan fokus untuk kemenangan.Sekondan selalu membaca situasi lapangan catur dari belakang layar.

Para sekondan terkuat ada di sekitar Sang Juara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun